BIJAK ONLINE (LIMAPULUH KOTA)---Setelah sukses melahirkan beberapa inovasi baru di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang langsung dirasakan masyarakat kabupaten Lima Puluh Kota di 13 kecamatan. Kini mucul inovasi baru dinas Perhubungan setempat. 

Dalam Aksi peluncuran yang ditandai dengan penguntingan pita dan penyiraman air suci ini, ikut hadir Plt Kepala Dinas Perhubungan, Yuniwal, Kepala Dinas Kominfo, Feri Copa, Camat Harau, Deki Yusman beserta undangan lainnya.

“Inovasi baru yang diciptakan dinas Perhubungan, berupa armada angkutan perintis gratis itu merupakan sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat luas, “ujar bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi ketika meluncurkan armada angkutan perintis gratis tersebut, di halaman Dinas Perhubungan, Senin (6/6) pagi.

Rencananya untuk tahap pertama, angkutan perintis  ini akan melayani rute Sarilamak menuju Rumah Sakit dr Achmad Darwis, Kecamatan Suliki. Dengan Trayek Sarilamak-Gurun-Lubuak Batingkok- Simalanggang-Taeh Baruah-Mungka-Padang Jopang-Limbanang terakahir RSUD Ahcmad Darwis Suliki.

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam sambutannya mengatakan, peluncuran angkutan perinstis ini bertujuan sebagai bentuk akomodasi permintaan masyarakat pada jalur yang belum terlayani angkutan umum, khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan ke Rumah Sakit Daerah Dr Achmad Darwis Suliki.

"Ini sebagai bentuk pelayanan dan perhatian kepada masyarakat. Jadi dengan adanya mobil angkutan perintis ini, masyarakat tidak perlu risau lagi untuk berobat ke RSUD Suliki, karena Pemerintah telah menyiapkan transportasi gratis," sebut bupati.

Selain itu, katanya juga bertujuan sebagai perwujutan sistem pelayanan transportasi yang lebih optimal sehingga penyelenggaraan angkutan umum dapat berjalan lebih efektif, efisien dan terjangkau. "Angkutan perintis gratis ini merupakan kenderaan bermotor milik Pemerintah Daerah untuk melayani masyarakat. Untuk itu, saya harap masyarakat mendapat layanan yang aman, nyaman dan selamat sampai tujuan" sebut bupati.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perhubungan, Yuniwal mengatakan  mobil perintis ini akan melewati rute jalan yang telah ditetapkan dimulai pukul 08.00 pagi sampai pukul 15.00. "Dalam sehari kita usahakan minimal mobil berangkat satu kali pulang pergi," sebutnya.

Dikatakannya, sesuai dengan undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, pada pasal 7 (ayat 2) dan pasal 139 (ayat 3), maka diperlukan adanya pelayanan angkutan umum guna mendukung aktifitas dan mobilitas masyarakat dalam mengevektifkan jalannya roda ekonomi dan pemerintahan.

"Saat ini pelayanan dari pusat kota Sarilamak ke pusat pelayanan umum seperti Rumah Sakit belum terlayani secara maksimal, khususnya bagi masyarakat yang akan berobat ataupun pasien rujukan dari puskesmas ke RSUD. Hal ini, yang menjadi latar belakang bagi Dinas Perhubungan mengembangkan angkutan umum dengan layanan angkutan perintis secara gartis" ujarnya.

Menurutnya, untuk tahap ini mobil perintis yang diluncurkan hanya melayani pada Hari Senin sampai Kamis saja dengan Trayek Sarilamak ke Suliki. "Untuk tahap selanjutnya akan ditambah rute-rute yang lain, sehingga dapat melayani masyarakat di 13 Kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota,"jelasnya.

Mendapat kabar itu, sejumlah masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota mengaku gembira dan bersyukur, dengan adanya mobil angkutan gratis dari tanjuang Pati ke Kecamatan Suliki dari Pemkab ini. "Terimakasih pak Bupati telah menyiapkan transportasi untuk kami, Dengan adanya angkutan gratis ke Suliki, kami tidak akan susah payah lagi untuk berobat dan memeriksa kesehatan, dirumah Sakit Achmad Darwis" sebut Erni Putri bersama Nadiar Warga Sarilamak berkomentar. 

Kemudian, salah seorang tokoh masyarakat Luak Limopuluah yang berkecimpung didunia beracara Setia Budi, mengatakan, sepak terjang bupati Irfendi Arbi untuk masyarakat sungguh luar biasa. Dengan lahirnya angkutan perinstis gratis ke rumah sakit Suliki ini, merupakan jawaban apa yang dikeluahkan oleh warga selama ini. 

“Belum terpikir oleh masyarakat, namun bupati Lima Puluh Kota bersama jajarannya telah berbuat dan langsung aktion. Tidak muluk-muluk, fakta yang berbicara, semoga seluruh OPD mengikuti kencangnya  lari bupati, “ujar Setia Budi. (Nura)