BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)—Bupati Padang Pariaman, Drs. H. Ali Mukhni, menyatakan, memberikan tanah seluas 100 hektar, kepada Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN-RI) Dr. Adi Suryanto, M.Si, Jum’at (16/6/2017).

Pernyataan itu disampaikan Ali Mukhni di Kantor LAN RI Jalan Veteran, Jakarta, kepada Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) DR. Adi Suryanto, M.Si, karena ada keinginan dari LAN RI untuk mendirikan lembaga pendidikan di Tarok City.

“Kami tertarik setelah mendengarkan pemaparan dan tayangan video presentasi Bupati Ali Mukhni.  Dan kami ingin mendirikan tiga lembaga pendidikan milik LAN di Tarok City," katanya kepada Bupati dan rombongan.

Tiga lembaga yang hendak didirikan LAN RI tersebut Diklat ASN, Diklat Assesment dan Politeknik Administrasi Negara.

Menurut Adi didampingi Sekretaris Utama, Sri Hadiati Woro Kustriani, SH, MBA, beberapa orang Deputi dan Kepala Pusat di lingkungan LAN RI, LAN RI mengemban misi memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan kapasitas aparatur negara dan sistem Administrasi negara guna mewujudkan tata pemerintahan yang baik, melalui pengembangan inovasi administrasi negara; pengkajian kebijakan; pembinaan dan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan aparatur negara; pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi administrasi.

"Untuk mewujudkan misi tersebut, LAN butuh banyak lembaga pendidikan peningkatan kompetensi dan kualitas ASN seluruh Indonesia," jelas Adi.

"Saat ini kami memiliki tujuh lembaga pendidikan yang tersebar di lima daerah di Indonesia. Empat Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur (PKP2A) di Bandung, Makassar, Samarinda dan Aceh. Tiga Sekolah Tingi Ilmu Administrasi (STIA) di Bandung, Jakarta dan Makassar," tutur Adi yang sudah dua tahun menjabat sebagai kepala LAN RI.

Jika, lanjut Adi, rencana pembangunan di Tarok City terealisir maka akan menjadi lembaga pendidikan LAN kedua di Sumatera dan menjadi pertama di Indonesia dimana ada tiga lembaga pendidikan milik LAN di satu kawasan.

Adi meminta waktu kepada Bupati untuk mengkaji dan menyusun kelembagaan lembaga pendidikan yang akan dibangun di Tarok City karena dua lembaga yang akan didirikan merupakan lembaga baru dan terobosan dari LAN RI.

Bupati Ali Mukhni yang didampingi Kepala BKPSDM Provinsi Sumbar Kepala Bapelitbangda, Ali Amran, Kabag Humas Andri Satria Masri datang ke LAN RI atas undangan Kepala LAN RI terkait rencana hibah tanah di kawasan Tarok City untuk LAN RI.

Menurut Ali Mukhni, Kepala LAN RI mengundang dia untuk menindaklajuti pembicaraan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni dengan Menteri PAN RI Asman Abnur terkait dengan rencana hibah tanah untuk pendirian Politeknik oleh Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman kepada LANB RI.

"Kami sudah siapkan 100 Ha untuk LAN RI dengan sertifikat gratis dari Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dan BPN Padang Pariaman," ungkap Ali Mukhni kepada Adi dan pejabat di ligkungan LAN RI.

Tawaran hibah tanah disambut gembira oleh LAN RI namun setelah dihitung kebutuhan, Adi menyatakan cukup 45 Ha saja. Adi pun berjanji akan secepatnya menindaklanjuti rencana pendirian lembaga pendidikan LAN di Tarok City.

"Kalau semuanya mendukung, tahun 2017 ini juga kita realisasikan," pungkasnya.

"Tanggal 4 Juli nanti, akan kami kirim staf untuk meninjau ke Tarok City," kata Adi menutup pembicaraannya. Mendengar hal tersebut Ali Mukhni mengucap syukur atas kesediaan LAN RI menyambut tawaran Pemkab Padang Pariaman.

"Alhamdulillah, pihak LAN menyambut baik tawaran ini. Dengan berdirinya lembaga pendidikan ASN di Padang Pariaman akan menjadikan Kawasan Tarok City sebagai lembaga pendidikan LAN RI yang kedua setelah Aceh dan menjadi pertama di Indonesia, tiga lembaga pendidikan milik LAN sekaligus di satu kawasan," ungkap Ali Mukhni bahagia. (rel/amir)