BIJAK ONLINE (Pasaman)-Bupati Pasaman, Yusuf Lubis ikut menyaksikan hasil sitaan petasan dari pedagang musiman yang memiliki daya ledak tinggi, hasil razia tim gabungan selama bulan suci ramadan 1438 hijriah, di halaman Mapolres Pasaman, Senin 19 Juni 2017.

Kata Yusuf Lubis, pemusnahan petasan itu salah satu upaya keseriusan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Pasaman untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat setempat.

 Menurut Yusuf Lubis,  Pemkab Pasaman wajib menjaga ketentraman dan keamanan masyarakat, apalagi di bulan suci ramadan ini. "Kita tidak ingin masyarakat terganggu kekhusyukannya ulah petasan," katanya. .

Pemusnahan dilakukan  setidaknya untuk menjadikan pelajaran bagi para pedagang petasan agar tidak menjual petasan untuk yang akan datang.

Hendaknya tidak ada lagi masyarakat yang menjual petasan berdaya ledak tinggi untuk Ramadhan  selanjut nya. " tujuannya, agar masyarakat dapat dengan tentram, aman dan khusyuk menjalani ibadah selama bulan suci ramadan," katanya.

Kepala Satpol PP dan Damkar Pasaman, Asmadi mengatakan, jumlah petasan yang dimusnahkan itu sekitar 100.319 buah berdaya ledak tinggi.
Sselama bulan suci ramadhan yang digelar Satpol PP dan Damkar Pasaman bersama pihak Polres Pasaman serta Subdenpom 1/4-4 Pasaman berhasil menyita Ratusan ribu petasan.

Petasan yang berjumlah ratusan ribu  tersebut diantaranya 96 ribu butir petasan korek api, 3 ribu batang sweet roket terbang, 312 bungkus happy flower, 74 batang roman candle dan beberapa jenis lainnya. [Fauzan]