BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)-- Dinas Perhubungan Kota Pariaman,  bersama Satlantas Polres Pariaman lakukan pemeriksaan terhadap kelaikan jalan armada angkutan umum yang ada di Kota Pariaman maupun yang melewati Kota Pariaman di Terminal Jati Kota Pariaman, Senin (19/6/2017) siang.

Kegiatan ini dikomandoi langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman Yota Balad bersama Kabag. Ops Satlantas Polres Pariaman IPTU. Efriadi bersama jajaran di kedua instansi tersebut dan Kepala UPT Terminal Jati Harry Leo Agusta dan dibantu oleh jajaran TNI-AD.

Kadishub Yota Balad mengungkapkan kegiatan ini merupakan upaya meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas selama proses libur lebaran 2017 dan menjamin Setiap kendaraan yang akan beroperasi sebagai jasa angkutan Lebaran terjamin kondisinya untuk memastikan penumpang aman sampai tujuan.

“Saat pemeriksaan fisik armada penumpang umum, rem dan ban mutlak harus dalam kondisi baik. Perlengkapan keselamatan penumpang lainnya pun harus tersedia di dalam bus dalam keadaan yang baik pula yang kita nyatakan laik jalan akan kita pasangkan stiker angkutan lebaran 2017,” ungkapnya.

Kadishub itu juga menegaskan pihaknya bersama Satlantas Polres Pariaman kita akan tindak tegas kendaraan yang melanggar aturan keselamatan berlalu-lintas.

Ia menambahkan, untuk angkutan umum yang belum lulus uji laik, maka akan kita beri kesempatan untuk melengkapinya. Jika tidak juga maka Dishub Kota Pariaman tidak akan pasangkan stiker sebagai tanda angkutan Lebaran yang boleh beroperasi.

Dihari pertama penyelenggaraan, dilakukan khusus pemeriksaan untuk angkutan umum Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), sedangkan esok direncanakan akan lakukan pengecekan juga terhadap Angkutan Kota yang beroperasi dalam Kota Pariaman.[ph/amir]