BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Sukses menoreh prestasi gemilang, sehingga masuk 6 besar tingkat nasional pada tahun  lalu. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) kota Payakumbuh, kembali dinilai pihat pusat, dengan kunjungan lapangan  dalam rangka penilaian lokasi, Rabu (7/6).

Kini prestasi geimilang dinas tersebut kembali berhasil lolos seleksi administrasi pada bulan April-Mei lalu dan menjadi salah satu dari 6 nominasi dalam ajang pemilihan lembaga kearsipan teladan nasional tahun 2017 ini.

Sekretaris Daerah yang diwakili Asisten II Amriul Dt. Karaiang sambut tim penilai Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di ruangan kerja Sekretaris Daerah, di Balaikota di Bukik Sibaluik, kemarin.
Turut hadir dalam pertemuan itu Kabag Protokoler dan Dokumentasi, Firdaus serta unsur pejabat dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan diantaranya, Zulinda Kamal selaku Kepala Dinas, Zulrefri, Sekretaris, Kepala Bidang Arsip Aprimas dan Kepala Seksi Arsip, Joni serta tim penilai Setia Asni dan Ningrum dari ANRI.

Dalam sambutannya, Asisten II Amriul optimis Payakumbuh bisa meraih juara arsip teladan nasional tahun ini. “Kami menyambut baik kedatangan tim penilai dan Payakumbuh optimis, di tahun ini mampu meraih yang terbaik. Tahun lalu berhasil menjadi juara Harapan II, semoga tahun ini bisa lebih baik lagi, “harap Amriul.

Pemko mendukung sepenuhnya kegiatan ini dan ke depannya kita berencana akan membangun kantor arsip yang representative. Kegiatan penilaian lapangan ini akan berlangsung selama 2 hari yang dimulai pada hari ini dengan tinjauan lapangan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Besok Kamis, (8/6) dilanjutkan dengan peninjauan ke lembaga sampel yaitu Kelurahan Balai Kandi dan Kelurahan Payobasung.
 
Setelah peninjauan lapangan, akan dilaksanakan tahapan presentasi pada 19 Juli mendatang di kantor ANRI. Payakumbuh akan bersaing dengan lima daerah lainnya di Indonesia di antaranya, Kota Yogyakarta, Kabupaten Malang, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Bekasi. 

Sementara itu, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan kota Payakumbuh Zulinda Kamal, mengatakan, semoga kota Payakumbuh menjadi yang terbaik dalam penilaian ini, semua itu tentu tak terlepas dari dukungan semua pihak.

“Satu-satunya di Sumatera Barat adalah kota Payakumbuh yang masuk dominasi 6 besar, hanya tinggal selangkah lagi, mudah-mudahan naik tangga, dari tahun lalu. Kita yakin, karena arsip kota Payakumbuh sudah tertata dengan baik, “ujar Zulinda Kamal. (Nura)