Warek I Unes Dr. H. Agussalim, M.S, Ketua DPRD Yendri Bodra Dt. Parmato Alam diabadikan bersama peserta Bintek DPRD Payakumbuh.

BIJAK ONLINE (Padang)-Rektor Universitas Ekasakti diwakili Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. H. Agussalim, MS menegaskan fungsi  pengawasan DPRD terhadap siklus anggaran dan efektivitas pencapaian program pemerintah sangat penting didalami dari aspek pengaturan fungsi pengawasan, aspek kebijakan pelaksanaan fungsi pengawasan dan juga aspek manajemen pemerintah daerah

Demikian penjelasan Rektor Universitas Ekasakti diwakili Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. H. Agussalim, MS ketika membuka Bimbingan Teknis (Bintek) DPRD Kota Payakumbuh Sabtu (17/6) kemarin di Hotel Pangeran Beach Padang.

Fungsi Pengawasan terhadap siklus anggaran dan efektivitas pencapaian program Pemerintah Daerah, merupakan salah satu fungsi manajemen untuk menjamin pelaksanaan kegiatan sesuai dengan kebijakan dan rencana yang telah ditetapkan serta memastikan tujuan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dapat tercapai secara efektif dan efisien. Fungsi pengawasan DPRD sangat penting, maka perlu pendalaman tugas dan fungsi Pimpinan dan Anggota DPRD, ujar Agussalim.

Panitia Bintek memilih topik tambahan “Strategi dalam membangun pendekatan dan merawat konstituen” Hal ini penting untuk didiskusikan karena DPRD merupakan lembaga politik. Dan bangunan politik itu dibangun oleh infrastruktur politik (rakyat pemilih atau konstituen). Tanpa bangunan yang kokoh ditopang dengan merawat konstituen, maka sebagai tokoh politik lokal, anggota DPRD sebenarnya tengah merobohkan bangunan politiknya.

Bintek kali ini mengangkat tema “ Optimalisasi Fungsi Pengawasan DPRD terhadap Siklus Anggaran dan Efektifitas Pencapaian Program Pemerintah serta Strategi dalam Membangun Pendekatan dan Merewat Konstituen” menurut Rektor Tema ini sangat relevan dan kontekstual.    

Pemateri  dalam Bintek ini adalah Dr. Otong Rosadi, S.H, M.Hum Dekan Fakultas Hukum Universitas Ekasakti Padang memberikan materi “Optimalisasi fungsi Pengawasan DPRD terhadap Efektifitas Pencapaian Program Pemerintah, Ihsan Dirgahayu, S.STP, M.AP (dari Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri) memberikan materi “Pembahasan tentang Optimalisasi Fungsi Pengawasan DPRD terhadap Siklus Anggaran” dan Pembahasan tentang PP No.18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD” Dr. Syafrial N, M.Ag Dt. Bandaro Itam memberikan materi ”Filosofi Kepemimpinan menurut Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah (sebuah upaya untuk mencintai dan dicintai konstituen).

Ketua DPRD Kota Payakumbuh Yendri Bodra Dt. Parmato Alam menyebutkan Bintek ini sangat membantu dalam tugas pokok dan fungsi DPRD terutama laterbelakang pendidikan Anggota DPRD berbeda disiplin ilmunya, amanat rakyat, kemudian dalam Bintek ini nanti akan dibahas tuntas PP N0.18 Tahun 2017 tentang Keuangan dan Administrasi Pimpinan dan Anggota Dewan.dengan narasumber  profesional dalam bidang ilmunya.

Yendri Bodra Dt. Parmato Alam mengharapkan kepada Anggota Dewan agar mengikuti Bintek ini dengan serius, disiplin dan lebih banyak bertanya untuk mendapatkan ilmu yang akan diterapkan nanti dalam pelaksanaan pengawasan.  (Ka Humas H. SYARIFUDDIN, SE, M.HUM)