BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)--Wakil Wali Kota Pariaman Genius Umar membuka sosialisasi penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha (MDTW) tingkat Kota Pariaman yang dilaksanakan di Aula Hotel Almadina By Pass Kota Pariaman, Sabtu (17/6/2017) pagi.

Kegiatan ini bertujuan mewujudkan amanah dari Pendidikan Agama Islam sejak usia dini hingga tingkat remaja. 

Hadir dalam sosialisasi ini sekaligus menjadi narasumber Kepala Kantor Kemnterian Agama Kota Pariaman (Kakenmenag) Kota Pariaman Muhammad Nur, Kasi Pendidkan Al Qur'an Kanwil Kemenag Sumbar Armadi. serta Camat se-Kota Pariaman, Kepala KUA Se-Kota Pariaman, Para Kepala dan Pengurus MDTA se-Kota Pariaman, dan perwakilan Forum Kepala Desa. 

Genius Umar dalam sambutannya menuturkan bahwa kegiatan MDTW ini merupakan pendidikan tambahan sebagai penyempurna bagi siswa sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA) yang hanya mendapat pendidikan agama Islam dua jam pelajaran dalam satu minggu.

Melihat kondisi sekarang ini, sambung Genius, kebijakanPemerintah memberlakukan sistem pendidikan lima hari seminggu dengan delapan jam waktu belajar di sekolah dapat disingkronkan dengan kegiatan MDTW ini yang dinamai dengan sistem sekolah fullday ini diharapkan mampu sebagai upaya perbaikan karakter generasi penerus yang ada di Kota Pariaman ini. 

“ Pemkot Pariaman bersama Kemenag Kota Pariaman dan BP4 akan persiapkan aturan jadwal dalam tata kelola pendidikan sekolah yang berbasis agama islam ini dalam sekolah Fullday, sehingga tidak ada lagi rasa ketakutan lagi atas kejenuhan dalam proses pembelajaran dengan tambahan pendidikan islam,” ucap Wawako itu.

Sehingga, setelah dewasa nanti dan berumah tangga, mereka mampu menguasai standar minimum sebagai keberhasilan dalam penguasaan pendidikan islam, setidaknya mampu mengajarkan kepada anak-anaknya tentang doa-doa singkat seperti doa akan makan, doa akan tidur dan lain sebagainya.
Dalam kesempatan yang sama, Kakenmenag Kota Pariaman Muhammad Nur menuturkan harapannya bersama Pemkot Pariaman untuk mensukseskan program MDTW ini sebagai pondasi pendidikan islam bagi generasi penerus bangsa serta mengahsilkan generasi yang berakhlak dan mampu mendukung upaya pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah secara islami.[ph/amir)