BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, menegaskan, agar kita bisa memaksimalkan ibadah ramadhan, mari ramaikan shalat tarwih sampai ke ujung ramadhan, bahkan beritikaf. Insya Allah, saya sendiri Senin depan berangkat umrah untuk memaksimalkan ibadah ramadhan. 

Hal tersebut disampaikan Irwan Prayitno, selaku ketua I tim safari ramadhan Propinsi ketika berkunjung ke Payakumbuh. Rombongan Gubernur ke Payakumbuh dimulai dengan acara buka bersama dengan Walikota, Wakil Walikota, Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD, Kepala Kemenag, Dandim, Kapolres, Dirut RSUD, serta kepala OPD Kota Payakumbuh, di mesjid Baitul Karim Payobadar, kecamatan Payakumbuh Timur, Jum’at (2/6) malam.

Dijelaskan Gubernur, terkait dengan pesan pembangunan Pemprov telah bersinergi dengan Pemko Payakumbuh agar pembangunan berjalan dengan baik. Di bidang ekonomi, peningkatan terhadap UMKM menjadi prioritas melalui kegiatan pemberdayaan, pemberian modal, maupun difasilitasi berupa pojok di Transmart maupun BUMD Minangmart. 

Dari segi transportasi, Irwan menyampaikan akan menghidupkan kembali kereta api dari Padang sampai ke Limbanang. "Dengan adanya kereta api, kemacetan Padang-Payakumbuh bisa dihindari,"jelas Irwan seraya menyelipkan pantun-pantun dalam paparannya. Acara safari ramadhan ditutup dengan pemberian bantuan dana berupa uang tunai Rp20 juta. 

Tausiyah jelang berbuka disampaikam ustadz Muslim Tawakkal. dia menyampaikan bahwa pentingnya semua unsur kepemimpinan di daerah untuk saling mendukung, melengkapi, dan bersinergi dalam mengabdi kepada masyarakat. 

Usai berbuka, tim safari ramadhan Provinsi yang terdiri dari Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Anggota DPRD Sumbar Irsyad Syafar, Kadis PU, Kadis Sosial, Kabiro Bintal, dan Kabiro Humas Provinsi Sumbar bertolak menuju Masjid Baitul Karim Payobadar, Payakumbuh Timur. 

Dalam kesempatan itu, turut mengiringi Walikota Payakumbuh, Kepala Kemenag, Dandim, Kapolres, serta jajaran dari OPD Kota Payakumbuh. Dihadiri anggota DPRD Payakumbuh Edward DF dan Ketua Karang Taruna Kota Payakumbuh Ade Vianora sebagai warga maupun jamaah masjid Baitul Karim Payobadar. 

Usai shalat Isya dan Tarwih, Anggota DPRD Sumbar Irsyad Syafar berceramah dengan tema menikmati ibadah. Irsyad yang juga putra Luak Limopuluah itu menyampaikan bahwa dengan adanya ramadhan, keimanan kita hendaknya naik kelas dari sekedar mengerjakan ibadah menjadi menikmati ibadah. "Kalau seorang muslim sudah menikmati ibadah, maka ia akan beribadah dengan tenang, nyaman, betah berlama-lama, dan rindu untuk mengulanginya,"ujar Irsyad. 

Walikota Payakumbuh, Riza Falepi dalam sambutannya menghimbau masyarakat agar kembali bersatu usai pilkada. "Mari sama-sama kita bangkit menuju kesejahteraan bersama yang berkelanjutan,"himbaunya. (Nura)










google+

linkedin