BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)---H. Asmi B, Dipl, ATP, MM Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Pariaman, Tahun 2004-2010,  dalam Pilkada Kota Pariaman Tahun 2018 yang akan digelar secara serentak di Indonesia, berharap dukungan dan do’a dari masyarakat banyak, agar dapat berpasangan dengan Dr. H. Genius Umar, S.Sos, M. Si, yang kini Wakil Wali Kota Pariaman.

Kepada Tabloidbijak Online, Asmi mengatakan, kalau didapat kata sepakat, bersama  Genius Umar, dia bersedia menjadi pendamping sebagai Wakil dari Genius Umar. Asmi, mengaku akan bersedia menjadi pendamping yang serasi dan bisa bekerjasama demi kemajuan Kota Pariaman.

“Insha Allah, kita akan bisa berbagi kerja, bersinergi,  berinovasi, Kreasi dan memberi solusi,” ujar Asmi dengan nada optimis dalam suatu percakan khusus beberapa waktu lalu di Kota Pariaman.

Asmi yang tinggal di Jalan Dipnonegoro No. 26 Kapung Pondok Pariaman ini, menuturkan perpaduan antara muda dengan tua, Genius Umar-Asmi, kalau Allah Swt, memberikan amanah dan peluang kepada dia berdua untuk memimpin Kota Pariaman dan mendapat dukungan dari masyarakat, akan dapat mempercepat kemajuan pembangunan Kota Pariaman.

Laki-laki yang punya penampilan sederhana ini, pensiunan  Pegawai Negeri Sipil (PNS), pada Dinas Pekerjaan Umum (PU) mempunyai segudang pengalaman  dalam bekerja, karirnya dimulai sejak Tahun 1977-1984, berkantor di Dinas PU Seksi Pariaman.

Terakhir Asmi, mengakhiri tugasnya sebagai PNS sebagai Kepala PU Kabupaten Solok Selatan, 2013-2016 dan sebelumnya Kadis PU Padang Pariaman, 2012-2013 dan Kepala Dinas PU Kota Pariaman, 2004-2010. 

Dari pengalaman sebagai Kapala Dinas PU Kabupaten/Kota di Sumatera Barat, Asmi mengaku optimis bisa mendampingi Genius Umar untuk memajukan pembangunan Kota Pariaman. Ketika disinggung sudah sejauh mana pendekatan dengan Genius Umar, Asmi belum mau berkata banyak. 
“Soal pendekatan, sebagai penjajakan awal sudah dimulai jauh hari, sungguh pun demikian, perkenalan secara pribadi sudah terjalin sejak lama, “tutur Asmi.

Dr. H. Genius Umar, S. Sos, M.Si yang sekarang menjabat Wakil Wali Kota Pariaman, ketika dikonfirmasi keinginan Asmi ingin berpasangan denganya pada acara buka puasa dengan insan pers, Kamis (22/6/2017) tidak membantahnya, “benar ada beberapa nama yang telah menghubungi saya,” ujar Genius Umar.

Menurut Genius Umar, untuk penentuan dan penetapan pasangan sebagai Calon Wali Kota Pariaman pada Pilkada serentak Tahun 2018, akan dilakukan survei  oleh lembaga yang ditunjuk secara mandiri dan hasil survei itu akan banyak menjadi pertimbangan dalam penetapan pasangan.

“Kita minta kepada nama-nama yang ingin maju pada Pilkada Kota Pariaman Tahun 2018, terutama yang berharap sebagai Wakil, agar turun ke lapangan menyampaikan program yang akan dibuat, kalau dipercaya sebagai wakilnya,” tukuk Genius Umar. 

Ketika disinggung sudah berapa orang yang melakukan pendekatan kepadanya yang kepingin sebagai pendampingnya untuk memimpin Kota Pariaman, periode 2018-2023, Genius Umar, tidak mengatakan. “Oh kalau jumlahnya saya tidak berani menyampaikannya, tetapi  dengar sajalah di lapangan,” jawab Genius Umar mengakhiri.  (amir)