BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)—Tantangan Gerakan Pemuda Ansor ke depan semakin berat dalam persaingan pasar ekonomi yang bebas. Untuk itu penguatan lembaga ekonomi Ansor di Sumatera Barat perlu dilakukan sejak dini.

Demikian diungkapkan Ketua PW Gerakan Pemuda Ansor Sumatera Barat Rahmat Tuanku Sulaiman pada diskusi Penguatan Lembaga Ekonomi GP Ansor Sumatera Barat, Selasa (13/6/2017) sore, di Pondok Pesantren Bustanul Yaqin, Punggung Kasiak, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

 Diskusi yang dihadiri sejumlah Pimpinan Pusat GP Ansor,  PC Ansor se-Sumatera Barat dan kader Ansor dan Banser dari Padang Pariaman dan Pasaman Barat.
Rombongan Pimpinan Pusat yang hadir Kepala Satuan Koordinasi Nasional (Kasatkornas) Banser 

Alfa Isnaini, Ketua PP Ansor dan Korwil Sumbagsel Abdul Haris Makmun, Anggota Bidang Ekonomi  Anam dan Direktur PT Sorban Nusantara Towus AY.  

Menurut Rahmat, dengan diskusi ini, Ansor Sumatera Barat bisa lebih meningkatkan silaturrahmi. Menjadi pemicu untuk lebih bersemangat menggerakkan organisasi Ansor di masing-masing tingkatannya. “Penguatan lembaga ekonomi Ansor bisa melahirkan kemandirian kader Ansor ke depan,” kata Rahmat, alumni Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan, Pakandangan Padangpariaman ini.

Dikatakan, menghadapi tantangan ke depan tersebut, konsolidasi kader perlu terus digairahkan. Ansor Sumbar sangat senang dengan adanya kedatangan pengurus Pimpinan Pusat Ansor. Terutama kehadiran Kasatkornas.  

Direktur PT Sorban Nusantara Towus AY dalam penjelasannya, Sorban Nusantara merupakan travel umrah yang dimiliki Ansor. Sorban berdiri Nopember 2016 lalu sudah memberangkatkan 1.500 jamaah umrah. Memang luar biasa sambutan dan kepercayaan terhadap Sorban Nusantara.

“Bisnis travel di Indonesia memang menggiurkan. Jadwal umrah Muharram hingga Ramadhan setiap tahun, rata-rata perputaran uang mencapai Rp 50 triliun. Ansor menawarkan Sorban Nusantara bukan hanya mengelola pengiriman umrah  ke Mekah, tapi juga menjaga amaliyah yang sesuai dengan amalan Ahlussunnah waljamaah,” kata Towus.

Ketua PC Gerakan Pemuda Ansor Padang Pariaman Zeki Ali Wardana usai menerima penjelasan dari Pimpinan Pusat Ansor berharap kader Ansor dan generasi muda di Padang Pariaman  dapat memanfaatkan peluang ini. Di Padang Pariaman sendiri minat masyarakat untuk menunaikan ibadah umrah ke tanah suci cukup tinggi. 

“Mudah-mudahan dengan kehadiran travel umrah yang sesuai dengan paham keagamaan Ahlussunnah Waljamaah yang banyak dianut di daerah ini dapat memanfaatkannya. Karena umrah tidak hanya menyangkut pelayanan keberangkatan, namun juga ibadah-ibadah sunah yang dilaksanakan selama menjalani ibadah umrah tersebut,” kata Zeki menambahkan.(rel/amir)