BIJAK ONLINE (Padang)-Ketua Dewan Pengawas PDAM Kota Padang, Dr H Khairul Ikhwan MM, sengaja berkunjung ke Panti Asuhan Nurul Hikmah Kelurahan Sungai Sapih Kecamatan Kuranji sebagai bentuk kepeduliannya terhadap kaum dhuafa, Minggu, 18 Juni 2017.

Tujuan kedatangannya ke panti asuhan tersebut tak lain dan tak bukan adalah untuk berbagi rezeki di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini, serta  sekaligus berbuka bersama dengan mereka.

“Sesuai perintah Al-Qur’an, menyayangi anak yatim tersebut merupakan kewajiban kita selaku orang Islam. Bahkan, kita bisa dicap sebagai pendusta agama kalau kita tidak peduli dengan kehidupan anak yatim seperti yang tertuang dalam Surat Al-Ma’un,” ungkap Khairul Ikhwan dalam sambutannya beberapa saat menjelang waktu berbuka puasa.

Dia pun meminta para anak yatim tidak usah bersedih meskipun mereka sudah tidak punya bapak lagi seperti teman-temannya yang lain. Justeru mereka harus tetap bersyukur dan bangga karena mendapatkan tempat yang terhormat di sisi Allah dan Rasul-Nya.

“Kalian harus bangga karena akan mendapatkan kasih sayang dari baginda Rasulullah di akhirat nanti. Dan orang yang bisa dekat dengan Nabi di Surga nanti adalah mereka yang menyayangi anak yatim. Rasul mengibaratkan dua jari seperti jari telunjuk dengan jari tengah. Jadi, begitu sangat dekat dibandingkan para ahli surga lainnya,” kata Ketua Yayasan STKIP Adzkia Sumbar itu sembari mencontohkan dengan jarinya.

Khairul juga memotivasi para anak yatim untuk terus belajar guna mencapai cita-citanya. Sebab, dengan memiliki pengetahuan dan pendidikan yang tinggi sudah pasti orang tuanya meski telah tiada akan tetap merasa bangga melihat anak-anak mereka di atas dunia. Termasuk para pengasuh panti sebagai pengganti orang tua saat ini.

“Jadi, kalian harus patuh dan taat kepada bapak dan ibu-ibu pengasuh di panti ini. Mereka adalah orang tua kita yang telah dengan rela dan ikhlas mendidik kita di sini. Bahkan, mengasuh kita seperti anak kandungnya sendiri,” pesan Khairul yang diamini puluhan anak yatim Panti Asuhan Nurul Hikmah tersebut.

Sementara itu, Ketua Yayasan Panti Asuhan Nurul Hikmah, S Rizal dalam sambutnnya mengaku sangat berterimakasih atas kedatangan Khairul Ikhwan beserta rombongan ke panti yang dia pimpin. Sebagai pengelola panti, pihaknya mengaku sangat butuh dukungan baik moril maupun materil demi kelangsungan kehidupan anak-anak di panti.

“Panti Asuhan Nurul Hikmah ini berdiri sejak tahun 2011 silam. Artinya, sampai sekarang sudah berusia sekitar enam tahun. Alhamdulillah, selama saya mengelola panti asuhan ini rezeki kami tidak pernah berkurang. Malahan terus bertambah. Yang penting kita harus selalu ikhlas dan selalu berusaha memberikan yang terbaik,” tuturnya.

Rizal pun mengaku sudah cukup lama mengenal sosok Khairul Ikhwan yang diakuinya selama ini cukup dermawan dan peduli dengan sesama. Sejak menjadi anggota DPRD Kota Padang periode 1999-2004 silam hingga kini tidak pernah berubah sifat sosialnya.

“Saya akui, sejak saya mengenal bapak Khairul Ikhwan ketika masih menjadi anggota dewan dulu sampai kini tidak pernah berubah sifat penolongnya. Beliau orangnya rendah hati dan sangat perhatian dengan orang-orang susah. Kita doakan semoga bapak Khairul Ikhwan selalu diberikan kelapangan rezeki oleh Allah SWT dan sukses dalam karirnya,” puji Rizal yang kembali diamini puluhan anak asuhnya.

Usai berbuka puasa bersama dan dilanjutkan dengan sholat maghrib berjamaah, Khairul Ikhwan kemudian menyerahkan bingkisan paket lebaran yang diterima pengelola panti dan diakhiri dengan foto bersama. (bom)