BIJAK ONLINE (Padang)-Komite Nasional Pemuda Indonesia Sumatera Barat, yang dinahkodai Fadli Amran, menemukan kesepahaman bekerjasama dengan Serikat Media Siber Indonesia Sumatera Barat melakukan pelatihan jurnalistik.

"Saya setuju dan sangat menyambut baik gagasan pak Adip Alfikri untuk bekerjasama dengan SMSI Sumbar melaksanakan pelatihan jurnalistik," kata Fadli Amran ketika ikut menghadiri acara berbuka bersama di Posko BOM, jalan Siak Nomor 4 Kelurahan Rimbo Kaluang, Kecamatan Padang Barat, Minggu, 18 Juni 2017.

Menurut Fadli, saran dari mantan Ketua KNPI Sumbar, Adip Alfikri  tentu harus disambut baik, apalagi gagasan itu berguna atau bermanfaat bagi pengurus dan anggota KNPI Sumbar. "Saya makanya setuju dan menyambut baik, saran mantan ketua itu karena ilmu jurnalistik, jelas sangat bermanfaat  bagi KNPI," kata aktifis ini.

Apalagi gagasana itu, kata Fadli disambut baik pula oleh pengurus Serikat Media Siber Indonesia Sumbar. "Secara prinsip sudah oke, tinggal menindaklanjutinya saja lagi dan Insya Allah habis lebaran ini gagasan ini dijabarkan dalam bentuk konsep dan kerjasama yang permanen," tambah anak pemilik Yayasan Baiturrahmah ini.

Secara terpisah, Sekretaris SMSI Sumbar, Novermal Yuska SH menyambut baik gagasan kerjasama KNPI dan SMSI Sumbar ini. "Apalagi gagasan kerjasama ini didengar langsung oleh John Edward Rhony yang memang bertanggungjawab masalah pelatihan jurnalistik di struktur kepengurusan SMSI Sumbar," kata pemimpin redaksi Jurnalsumbar.com ini, sembari menambahkan pemateri sebaiknya tak hanya dari SMSI Sumbar, tetapi juga dari PWI Sumbar, dan AJI Sumbar. 

Kemudian, kata Novermal, jika ada pemberitaan wartawan yang tergabung di SMSI Sumbar, tak sesuai kaedah-kaedah jusnalistik,  bisa dipertanyakan kepada Jonh Edward Rhony.  "Lah cocok dan tapek bana mah persoalan pelatihan ko didengar langsung pak JER," kata anggota Komisaris BUMD PT Grafika ini.

Sementara John Edward Rhony menyebutkan, masalah pelatihan jurnalistik itu, sageleng. "Begitu kerjasama antara KNPI dan SMI Sumbar ini klop, saya langsung eksen," katanya sembari tertawa.

Sementara Kadispenda Padang, Adip Alfikri menyebutkan, agar ide dan rencana ini secepatnya dibahas dan direalisasikan. "Jaaan sampai masuk awan lo ide dan gagasan ko," kata putera Kuranji yang disebut-sebut akan maju berpasangan dengan Mahyeldi di Pilkda Kota Padang. (PRB)