BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)—Ternyata dengan langkah cepat, dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) kota Payakumbuh, punya terobosan baru berbasis radio dan wifi gratis, dengan memasang jaringan internet wifi gratis di 48 titik (seluruh kelurahan.Red).

“Pemasangan wifi gratis ini, menyikapi harapan dari masyarakat dan juga merupakan tuntutan terhadap kemajuan suatu daerah. Salah satu majunya suatu daerah, bisa diukur dengan mengakses dan penguasaan informasi,”ujar Kadis Kominfo kota Payakumbuh Elvi Jaya kepada tabloidbijak.com, diruang kerjanya baru-baru ini. 

Dijelaskan Elvi Jaya, slogan ini menjadi salah satu pemicu semangat bagi jajaran Pemko Payakumbuh yang dipimpin oleh Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, dalam pengembangan penyebaran teknology Informasi di Payakumbuh belakangan ini.

Wujud dari semangat tersebut, dengan penuh keseriusan akhirnya pada Juni 2017 ini, Pemko Payakumbuh secara maraton berhasil mulai membangun jaringan  internet barbasis radio dan wifi di 48 kelurahan se-Payakumbuh. 

Pengerjaan pemasangan jaringan ini, akan diselesaikan sampai akhir Juli 2017. Dengan dibangunnya jaringan ini, diharapkan seluruh kelurahan akan dapat mengakses secara online informasi dari dunia maya untuk kepentingan peningkatan pengetahuan para aparatur  sampai di tingkat kelurahan.

Menurut Elvi Jaya, terkait dengan hal ini, pemasangan jaringan internet berbasis radio dan Wifi seluruh kelurahan di Payakumbuh ini, dilaksanakan sudah sesuai dengan rencana pengembangan IT Kota Payakumbuh yang tertuang pada Dokumen Master Plan E-Goverment Tahun 2015-2020.

Sesuai dengan anjuran dari KPK beberapa waktu yang lalu, perencanaan kegiatan yang disusun dalam musrenbang haruslah disusun secara sistematis, transparan dan akuntabel. Dengan adanya jaringan internet sampai tingkat kelurahan maka usulan musrenbang kelurahan sudah bisa di input pada aplikasi e-musrenbang. 

“Jadi secara berjenjang, usulan masyarakat dari rapat musrenbang sudah bisa direkam dalam bentuk aplikasi yang transparan, mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan sampai ke tingkat kota, sehingga usulan yang naik ditengah jalan bisa dihindari, “terang Pijai nama akrap Elvi Jaya.

Sementara itu, MCIO Kasie Infrastruktur dan Teknology Diskominfo Payakumbuh Robby Hafanos, dalam kesempatan yang sama, menjelaskan, penambahan 48 titik jaringan internet berbasis radio dan Wifi ini, selain bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi pemerintahan (e-gov) di tingkat kelurahan, juga nantinya akan bisa pula dimanfaatkan masyarakat sekitarnya untuk akses internet melalui jalur Hotspot Wifi secara gratis, ujarnya. (Nura)