BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Ketua dan wakil ketua, serta sekretaris komisi B DPRD kota Payakumbuh, Chandra Setipon, Edwar Df , Wulan Denura, lakukan peninjauan jalan rusak di kelurahan Balai Jariang, kecamatan Payakumbuh Timur, Rabu (14/6).

Kegiatan peninjauan lapangan itu, dipimpin langsung ketua Chandra Setipon dari Fraksi PAN, Edwar DF dari Fraksi PPP dan Wulan Denura fraksi Partai Gerindra, 3 anggota komisi B yang turun lapangan itu, mencari sumber kerusakan jalan di kawasan tersebut. 

Dilapanga, Chandra Setipon kepada sejumlah wartawan, mengatakan, dari hasil tinjauan, kerusakan meliputi kondisi jalan yang bergelombang dan irigasi yang tidak lancar. Sebelumnya dari laporan masyarakat, ruas yang termasuk jalan negara ini, rusak karena penggalian dan pengaspalan pipa PDAM yang tidak baik.

Namun setelah dilihat langsung oleh Direktur PDAM Herry Iswahyudi, kerusakan jalan ini bukan oleh pipa PDAM, tapi disebabkan pecahnya polongan irigasi. Untuk perbaikannya, kita mohon kepada dinas PU Propinsi Sumatera Barat untuk segera memperbaikinya.

“Sedangkan laporan masyarakat yang satu lagi, adalah tidak lancarnya air irigasi sawah ke Balai Jariang, Bodi dan Padang Alai. Ternyata penyebabnya, adanya pipa PDAM yang melintang bandar irigasi tersebut. Letaknya pas di tengah-tengah jalan,” terang Chandra.

Sementara itu, Direktur PDAM kota Payakumbuh Herrt Iswahdi, mengatakan, pipa tersebut menjadi sekat segala macam sampah yang menghambat aliran air ke sawah. Setelah saya lihat langsung didapatkan solusinya. Tersumbatnya aliran air akan segera dikerjakan, ujarnya. (Nura)