BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)—Pengurus Kopperasi Pasar Pedagang Pasar (Koppas) Padang Sago, berikan santunan untuk anak yatim yang orang tuanya menjadi anggota koperasi. Kegiatan ini baru pertama diadakan Pengurus Koppas dan sebelumnya pengurus memberikan bantuan kepada rumah ibadah masing-masing 1 pernagari di Kecamatan Padang Sago, Kamis (22/6/2017).

Ketua Koppas Padang sago, Afrizal, SE dalam  sambutannya mengatakan, besar bantuan yang diberikan untuk anak yatim masing-masing Rp. 375.000, sumber dana berasal dari sedekah pengurus yang dikumpulkan dan termasuk dari koperasi sendiri yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

“Sifatnya sukarela sama-sama pengurus secara ikhlas dan tidak ada dipaksa, kegiatan kumpul sedekah pengurus tahunan ini sudah berjalan lebih kurang 6 tahun dan kalau tahun sebelumnya diberikan untuk rumah ibadah seperti mesjid dan surau, tetapi tahun sekarang diserahkan kepada anak yatim,” ujar Afrizal.

Dikatakan, tujuan dari bantuan untuk anak yatim, dalam rangka menghadapi tahun ajaran baru, pasti anak-anak sebagai pelajar memerlukan biaya untuk keperluan sekolahnya, apalagi mereka tidak lagi mempunyai orang tua laki-laki, jelas semua keperluan akan dipikul oleh ibunya. 

“Muda-mudahan saja bantuan itu dapat menambah semangat mereka dalam menuntut ilmu, karena untuk meningkatkan kesejahteraan dan menajuhkan diri kemiskininan, harus melalui pendidikan, tanpa pendidikan jelas anak-anak akan terbelakang terus,” tukas Afrizal kembali.

Sekretaris Koppas Padang Sago, Jasmaniar, S.Pd menambahkan, pada tahun ini belum banyak yang dapat diberikan bantuan terhadap anak yatim, karena terbatasnya pula dana yang terkkumpul dari pengurus, artinya ini adalah bantuan murni pengurus dari honor yang mereka terima sebagian diinfakkan.

Jasmaniar yang sehari-hari guru SMPN 1 Padang Sago, menghimbau masyarakat Padang Sago yang ada di perantauan untuk ikut bergabung dengan Koppas dalam memberikan bantuan kepada anak yatim dan fakir miskin, kita himbau perantau menyalurkan bantuannya kepada Koppas dan nanti Koppas yang memberikan kepada yang berhak menerimanya.

“Kita sangat berharap ada kerja sama antara perantau dengan pengurus Koppas dalam memberikan bantuan kepada anak yatim dan fakir miskin yang ada di Kecamatan Padang Sago. Siapa lagi yang akan memikirkan kampung halaman kita, kalau tidak kita sendiri,” tutur Jasmaniar yang didampingi anggota Badan Pengawas Wartinawati. (amir)