BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)—Pasca pelantikan 82 pejabat Pemko Payakumbuh oleh Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, bertempat diuala kantor Balaikota, Senin (5/6) kemaren, dengan mengamanahkan jabatan Lurah Pekan Senayan Payakumbuh Barat kepada Sandiko Buana, dia bertekad memajukan lurah tersebut dengan berbagai inovasi baru.

Sandi nama akrap Sandiko Buana, sebelumnya sekretaris Lurah Parit Rantang. Sedangkan lurah lama Zailendra mutasi ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPD) sebagai kasi Pasca Bencana. Lurah yang satu ini, dinilai banyak pihak gigih dan mampu bekerja keras, sesuai tugas yang diembannya.

Lurah muda ini pernah mengenyam pendidikan di SDN 09 tahun 2003 Pelayangan Kapur IX, SMPN 8 kota Payakumbuh tahun 2006 dan pada tahun 2009 jebol di SMAN 1 Payakumbuh. Kemudian berhasil menamatkan sekolah di STPDN yang sekarang namanya Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 2014 lalu, Sandi langsung bekerja sebagai Staf Inspektorat Provinsi Sumatera Barat 2014-2015.

Tahun selanjutnya Sandi dilantik menjadi Sekretaris kelurahan Parit Rantang oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi 2015 sampai 04 Juni 2017. Disela-sela bertugas dirinya sempat jatuh hati pada seorang perempuan cantik, Silvia Syafriyani dan menikahinya pada 28 Desember 2015 lalu, bekerja di rumah sakit Ibnu Sina Padang.

Sandi tidak saja dikenal masyarakat sebagai anak muda kreatif, akan tetapi juga dipercaya sebagai sekretaris Purna Paskibraka Indonesia (PPI) kota Payakumbuh sebagai sekretaris. Sukses menjadi sekretaris di kelurahan Parit Rantang dan sekretaris PPI, Wako Riza Falepi kembali melantik Sandiko Buana menjadi lurah Pekan Senayan.

Anak dari pasangan Botrizal dan Kartini ini tidak pernah menyangka akan menjadi seorang lurah di usianya yang semuda ini. “Saya tidak pernah menyangka akan menjabat Lurah di kelurahan Pekan Senayan, dan Insyaallah apa yang diamanahkan Wako Payakumbuh H. Riza Falepi, siap saya jalankan,” sebutnya.

Putra kelahiran Durian Tinggi Kapur IX ini, juga memiliki inovasi baru terhadap masyarakat di kelurahan yang dipimpinnya sekarang, yakni, “Teknologi tepat guna, bercocok tanam dengan skala perkotaan hidroponik hanya bermodalkan barang bekas dan tanpa mengeluarkan biaya, ”katanya.

Dijelaskan Sandi, “Pertanian perkotaan tekhnik hidroponik merupakan tata cara bercocok tanam untuk masyarakat perkotaan tanpa menggunakan media tanah dan lahan yg luas, bisa dilakukan di depan rumah dengan hasil yang melimpah dan tanpa pestisida,”jelas Sandi.

“Dengan adanya cara bercocok tanam tekhnik hidroponik seperti ini diharapkan  masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pangan sendiri, baik itu sayuran ataupun buah-buahan,”ujarnya.

Terpisah, ketua PPI kota Payakumbuh, Panca Budi Satria, ketika dihubungi media ini, menyebutkan, sosok Sandi sejak di SMA dulu sangat dikenal oleh almamater dan nyaris mengenal seluruh siswa. Maka, Sandi selalu dipercaya oleh kawan-kawan untuk menjadi sekretaris sebuah ormas dan kegiatan social lainya.

“Kami yakin dengan dipecayakan oleh Walikota Riza Falepi menjadi lurah, daerah tersebut akan lebih maju lagi. Dia dikenal kawan-kawan sering membuat suatu terobosan baru yang bermamfaat untuk masyarakat luas. Ini akan dibuktikannya nanti dan untuk seterusnya, “ujar Panca. (Nura)

google+

linkedin