BIJAK ONLINE (LIMAPULUH KOTA)---Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab Lima Puluh Kota, Arwital, mengatakan, pada malam menyambut takbiran, Kesra bersama panitia Lintas OPD Limapuluh Kota adakan pawai obor dan pemukulan bedug.

Hal tersebut dikatakan Arwital kepada tabloidbijak.com diruang kerjanya, Senin (19/6), sebelum direncakanan kegiatan ini, kami sudah mengadakan rapat bersama muspida dan OPD terkait lainnya. Dalam rapat tersebut turut hadir Camat Harau, Danramil, Ketua IKK Limapuluh Kota,Wali Nagari Sarilamak, Ketua PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) Nagari Sarilamak, Ketua MUNA Nagari Sarilamak, Pengurus Masjid Nurul Iklas dan para undangan lainnya.

Untuk itu, Arwital mengharapkan semua pihak, turut serta mendukung dan bersama-sama mewujudkan suksesnya pelaksanaan malam takbiran maupun shalat Idul Fitri ini. "Saya berharap nantinya seluruh OPD dan masyarakat turut hadir dalam memeriahkan malam takbiran dan pelaksanaan sholat raya idul fitri''. Harapnya.

Dari Hasil rapat tersebut rencananya acara malam takbiran ini, panitia akan melaksanakan pawai Obor yang akan dibawa oleh 200 peserta yang terdiri dari seluruh OPD Limapuluh Kota, Walinagari Ibukota Kabupaten, Kelompok Yasin, Forkopinda dan masyarakat. 

Pawai Obor, yang digelar secara massal ini akan dilepas dari masjid Nurul Iklas, selanjutnya mengelilingi jalan sekitaran komplek kantor Bupati Limapuluh Kota. Usai melaksanakan pawai obaor dilanjutkan dengan parade pemukulan bedug.

Nantinya, jalan yang dilalui Pawai Obor ini akan mendapat penjagaan ketat dari aparat Polisi serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). “Kepada masyarakat yang akan berpartisipasi turut serta, agar berhati-hati, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, mengingat masing-masing peserta memegang obor menyala dari potongan bambu,”ujar Arwital.

Sementara untuk pelaksanaan Sholat Idul Fitri Arwital mengatakan, panitia akan mengundang Khatib dari Padang. "Untuk pelaksanaan sholat ID nanti akan di undang khatib dari padang,” tambahnya.

Ditempat yang sama dalam rapat teknis tersebut Kapolsek Harau AKP JL Toruan,  juga menghimbau agar nantinya peserta Pawai Obor tetap mengikuti aturan, sehingga nantinya acara berjalan aman dan lancar." Diharapkan nantinya para peserta Pawai Obor mengikuti aturan yang ada dan tidak mengganggu jalur lalintas umum,''pungkasnya.

Terpisah, salah seorang masyarakat Luak Limo Puluh Zulhefrimen, di Balai Wartawan usai berbuka bersama bupati Irfendi Arbi, kepala Pengadilan Negeri Tanjung Pati Afrizal Hadi, dan rekan-rekan wartawan, mengatakan, kegiatan Bagian Kesra itu harus didukung oleh semua pihak, dan dimeriahkan semaksimal mungkin.

“Kemudian, bagian Kesra mulai dari sekarang sudah mensosialisasikan rautenya, agar pada malam itu tidak bentrok dengan kegiatan masyarakat lain. Sebab, daerah tetangga yakni kota Payakumbuh juga didengar mengdakan acara yang sama, sedangkan rautenya ada yang sama, “ingat Lujua nama akrap Zulhefrimen. (Nura)