BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)—Masyarakat Desa Kampung Baru Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman, buka puasa bersama di Mesjid Raya setempat, dalam rangka menjalin rasa kebersamaan dan menyambung Tali Silaturahmi, dibulan Ramadhan.

Demikian dijelaskan Pembina Mesjid Raya Kampung Baru, Drs. Mardison Mahyuddin, MM, disela-sela acara buka puasa bersma, Senin,  (12/6/2017) dan dilanjutkan dengan shalat Tarwih berjema’ah dan tausiyah agama.

Dikatakan, kegiatan ini sudah berjalan, sejak dahulu kala dan tujuannya untuk memperat Silaturahmi, sesama warga masyarakat Desa Kampung Baru, karena dengan berbuka puasa, timbul rasa kebersamaan. “Jadi ini kita-kita melanjutkan warih dari nan tuo-tuo sajo,” ujar Mardison.

Ungkapan senada juga disampaikan Tokoh Masyarakat Desa Kampung Baru, H. Muslim Zein, SH, karena dengan berkumpul bersama dan makan bersama bisa menumbuhkan rasaa keakraban sesama kita dan ini juga dianjurkan dalam agama Islam.

“Jadi acara buka bersama itu, sekaligus dalam mengamalkan ajaran Islam, karena Silaturahmi salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW,” ujar Muslim Zen, menimpali.

Sekretaris Mesjid Raya Kampung baru, Rasyid, SE, MM mengatakan, melihat cuaca menjelang waktu berbuka, hujan dengan puting beliung, merasa cemas kalau warga kurang datangnya, ternyata, hujan pun tidak menghalangi masyarakat untuk datang berbuka puasa bersama. 

Menurut Rasyid, kegiatan seperti perlu dilestarikan terus, karena ibu-ibu sebagai penyumbang makan untuk berbuka  juga ikut senang dan gembira dan mereka sangat senang kalau bawaan merekan habis dimakan bersama-sama, ibu-ibu akan merasa kecewa, apabila bawaannya kurang dimakan.

“Alhamdulillah dengan ramainya jema’ah datang dalam acara buka puasa bersama, semuanya dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” tutur Rasyid lagi. (amir)