BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)—Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kecmatan Pariaman Selatan Kota Pariaman, berjalan sukses dan meriah. MTQ tersebut, digagas oleh Remaja Mesjid Kampung Apar, Munggu (19/6/2017).

Ketua Remaja Mesjid Kampung Apar Muhammad Ridho,  mengatakan MTQ yang dilaksanakan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun,   yang diselenggarakan Remaja mesjid. 

Dikatakan, kegiatan ini sebelumnya tingkat desa, kini ditingkatkan menjadi tingkat kecamatan,  tujuanya untuk meningkatkan Ukhwah Islamiyah antar Remaja Mesjid Pariaman Selatan, 

Acara dibuka Camat Pariaman Selatan, Edi Junaidi,  setelah sholat tarawih berjemaah di Mesjid Raya Kampung Apar.  Edi Junaidi memberikan Apresiasi kepada Remaja Mesjid dan masyarakat Kampung Apar yang konsiaiten melaksanakan MTQ, tiap tahun.

“Pemerintah Kecamatan sangat mendukung dan mendorong terlaksananya kegiatan ini. Kami berharap MTQ ini dapat dipertahankan terus pelaksanaanya,” ujar Edi Junaidi.


Lebih jauh disampaikan Edi Junaidi, Kepala Desa Kampung Apar, satu-satunya kades yang telah menganggarkan kegiatan MTQ dala Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2017 dan ini boleh dianggarkan. 

“Usahakan setiap tahun dianggarkan kegiatan MTQ dalam ADD,” tutur Edi Junaidi. 

Selain itu Camat menghimbau seluruh kepala desa yang di Pariaman Selatan, untuk dapat mencontoh Kepala Desa Kapmung Apar, agar  melakukan hal yang sama dan membuat angaran dalam  ADD untuk program pembinaan seperti MTQ. Ini. 

Adapun Cabang yang diperlombakan Tilawah Remaja, Tilawah Anak-anak. Tarlil Dasar dan Tartil Menengah.

“Muda-mudahan kegiatan ini dapat memotivasi remaja untuk mempelajari  al-Qur’an dan mendalami arti serta tafsirnya, disamping itu juga bisa melahirkan bibit baru qari dan qriah,” tukas Edi Junaidi. (rel/amir)