BIJAK ONLINE (Pasaman)-Pemuda Kubu Rogeh JorongTigo Kenagarian Langsek Kodok punya cara untuk memeriahkan acara halal bi halal dengan menggelar perlombaan panjat batang pinang yang telah dilumuri sabun dan oil,  Rabu, 28 Juni 2017.
  
Halal Bihalal yang di laksanakan pemuda Kubu Rogeh Jorong Tigo Kenagarian Langsek Kodok sangat menarik perhatian masyarakat sekitarnya, karena panjat batang pinang yang berhadiahkan kelapa dan batang pinang nya di lumuri sabun dan oil, dan pesertanya bukan manusia tapi monyet alias baruak.

"Kegiatan panjat batang pinang yang ditaburi sabun dan oil ini, merupakan kegiatan rutin tahunan pemuda," kata Beni, Rabu 28 Juni 2017..

Jumlah uang yang diperebutkn, kata Beni, senilai Rp 250.000 untuk satu batang pinang. "Kegiatan ini sudah lima tahun dilaksanakan secara rutin, yang kegiatannya selalu dilaksanakan di depan kantor camat," katanya.

Menurut Beni, agar tahun depan ditingkatkan lagi. "Kalau bisa 10 batang pinang dan melibatkan donator dari kabupaten, atau minta bantuan dengan pak bupati dan wakil bupati," tambahnya, sembari menambahkan, donator kegiatan ini Camat Rao Selatan, Darlis Skm.

Kemudian, kata Beni lagi, panjat batang Pinang pakai monyet ini, satu satunya di pasaman. "Harapan masyarakat setempat kedepannya hendak nya  biaya bisa mencukupi, dan sistem berubah, ini kan cuma satu batang pinang kalau dapat 10 batang dan pesertanya  se kecamatan Rao selatan," ujarnya..
Sedangkan pemenangnya, monyet pak Mukhlis yang memperoleh kelapa sebanyak 9 buah dan uang sebesar Rp. 150.000.(Fauzan)