BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)--Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kota Payakumbuh, bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS), gelar kegiatan Pemutakhiran Data untuk Penyusunan dan Publikasi Payakumbuh Dalam Angka Tahun 2017, bertempat di aula Balaikota Payakumbuh, Rabu (7/6). 

Kegiatan tersebut diikuti perwakilan BUMN, BUMD, Kepolisian, Kejaksaan dan Organisasi Perangkat Daerah se-Kota Payakumbuh. Dihadiri langsung kepala Badan Pusat Statistik kota Payakumbuh Yon Andri, sekaligus memberikan sambutan, menginformasikan pengumpulan data terlebih dahulu.

Kepala Dinas Kominfo Elvi Jaya, dalam sambutannya, menginformasikan mulai tahun 2017, urusan statistik yang sebelumnya berada di Bappeda pindah kewenangan dibawah Dinas Kominfo. Urusan statistik yang selama ini di Bappeda sekarang beralih ke bidang Humas Diskominfo. 

“Rumah wartawan sebagai mitra kerja Diskominfo dalam penyebarluasan informasi ini akan tertata seluruh data dengan baik. Sehingga Seksi Statistik yang berada di bidang Humas saat ini memiliki produk statistik berupa Payakumbuh Dalam Angka, Kecamatan Dalam Angka dan Indikator Kesejahteraan Rakyat (Inkesra), “jelas Elvi Jaya.

Ditambahkan Yon Andri, data dari OPD harus final dulu, sebelum pengajuan draft awal  ke BPS, Juli tahun ini. Dan rencananya data-data itu akan dipublikasikan secara serentak se-Indonesia pada tanggal 8 Agustus 2017 mendatang. BPS juga akan membentuk Forum Data sebagai wadah komunikasi data dan informasi antara BPS dan Pemko Payakumbuh melalui Dinas Kominfo. 

“Selain sebagai wadah komunikasi, melalui Forum Data tersebut akan tersedia data dan informasi dari seluruh Perangkat Daerah yang terkumpul di satu pintu yaitu di Dinas Kominfo dan dengan adanya Forum Data diharapkan dapat meminimalkan kesenjangan antara kebutuhan dan ketersediaan data,”ulas Yon Andri.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama sehari tersebut, Tim Validasi Data dari BPS, satu per satu menyampaikan hasil pemerikasaan yang mereka lakukan terhadap data yang telah dikirim oleh OPD, untuk selanjutnya dikonfirmasikan kepada masing-masing instansi pengirim. 

Data yang dikumpulkan dan divalidasi oleh BPS adalah data tentang keadaan Kota Payakumbuh seperti data pertanian, peternakan, koperasi, perindustrian, perdagangan, tata ruang, pemukiman, data kesehatan dan lainnya.

“Sesuai informasi dari pihak BPS, validasi yang mereka lakukan adalah terhadap data keadaan tahun 2016 dan data tersebut juga yang nantinya akan diterbitkan dalam bentuk buku Payakumbuh Dalam Angka Tahun 2017. Buku yang rutin diterbitkan setiap tahun itu dapat dijadikan referensi bagi Pemerintah Daerah dalam menentukan kebijakan dalam perencanaan pembangunan daerah kedepannya, “ujar Yon Andri. (Nura)

google+

linkedin