BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)--Kementerian Ketenagakerjaan RI melalui Balai Besar Peningkatan Produkvitas (BBPP) Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktifitas Kementerian Ketenagakerjaan bekerjasama dengan Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (PP GP) Ansor mengadakan pelatihan Pembuatan Sofa dan Mebel yang diikuti 50 pemuda dari Sumatera Barat.

Kepala Bidang  Penyelenggaraan dan Pemberdayaan Balai Besar peningkatan Produktivitas (BBPP) Dirjen Binalatas Kemnaker  H. Yonhendri, ketika pembukaan pelatihan, Senin (12/6/2017) di Pondok Pesantren Bustanul Yaqin, Punggung Kasiak, Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman, mengharapkan pelatihan calon wirausaha  baru ini bisa  mendorong dan menyiapkan generasi pengusaha.

“Harus juga dibangun strategi untuk menciptakan lapangan kerja. Apalagi dengan kehadiran dan dukungan semua pihak. Terutama dari Dinas Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Padang Pariaman yang diwakili Nurhelmy, merupakan sinergitas yang sangat baik untuk mewujudkan wirausaha yang produktif di Kabupaten Padang Pariaman,” kata Yonhendri.  

Menurutnnya, ke depan pemuda harus punya daya saing untuk terus mengembangkan usahanya sehingga mampu  menjadi pelopor dibidang usaha apapun. Jangan takut gagal, terus maju dengan segala kreatifitasnya. Jadilah pemuda yang menawarkan solusi bukan pemuda yang hanya diam dan menunggu, terus semangat untuk memajukan bangsa Indonesia.

Ketua Bidang Pertanian dan Kedaulatan Pangan PP GP Ansor  Adhe Musa Said, MSi, berharap kerjasama antara BBPP Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktifitas Kementerian Ketenagakerjaan dengan PP GP Ansor ini bisa melahirkan wirausaha-wirausaha mandiri dan profesional dalam segala bidang profesi. 

Hal ini sejalan dengan visi  Ansor  dan pemerintah  untuk  membangun sektor riel di masyarakat, yaitu membanguna kemandirian kader dan menciptakan pengusaha-pengusaha muda yang lebih kreatif dan profesional.  

“Inilah harapan dari PP GP Ansor. Kita akan melakukan kerjasama untuk melakukan pelatihan di beberapa daerah di Indonesia. Amanah Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas, seluruh kader Ansor harus mampu menjadi penggerak ekonomi rakyat di daerahnya masing-masing dan melakukan konsolidasi kader dalam bidang ekomoni untuk membangun  kemandirian kader secara maksimal. Pesan khususnya untuk tetap menjaga persatuan, kedamaian dan keutuhan Indonesia dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas Adhe Musa.  

Pelatihan  ini dilakukan untuk mengajak para pemuda di Padang Pariaman dan daerah lain di Sumatera Barat mulai berwirausaha  meningkatkan sumberdaya eknomi. Sumatera Barat sendiri adalah daerah yang masyarakatnya dianugerahi kreatifitas yang tinggi. Hal ini menjadi sangat tepat untuk melatih para pemuda yang kreatif dan mau bekerja keras dalam menyongsong masa depan yang lebih baik, kata  Adhe Musa Said 

Ketua PW GP Ansor  Sumbar Rahmat Tuanku Sulaiman menambahkan,  pelatihan ini bisa  menjadi pintu masuk untuk membuka ruang usaha baru dan meningkatkan hasil secara ekonomi. Pelatihan dilaksanakan selama  4 hari (12-15/6/2017) di Pondok Pesantren Bustanul yaqin, Punggung Kasiak, Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariamanyang diikuti 50 pemuda dari berbagai kabupaten/kota di Sumatera Barat. (rel/amir)