BIJAK ONLINE (LIMA PULUH KOTA)---Kapolres kota Payakumbuh AKBP Kuswoto, diwakili kapolsek Akabiluru Iptu Amirwan, mengajak masyarakat untuk memperkuat dan memperkokoh adat serta kearifan lokal. 

“Kearifan local, merupakan tata nilai atau perilaku hidup masyarakat lokal dalam berinteraksi dengan lingkungan tempatnya hidup secara arif.  Maka dari itu kearifan lokal tidaklah sama pada tempat dan waktu yang berbeda dan suku yang berbeda, “ujar Amirwan ketika tim V safari ramadhan berkunjung ke mesjid Jamiak kenagarian Batu Hampar, Senin (12/6) malam. 

Hal terpenting dari kearifan lokal adalah proses sebelum implementasi tradisi pada artefak fisik, yaitu nilai-nilai dari alam untuk mengajak dan mengajarkan tentang bagaimana ‘membaca’ potensi alam dan menuliskannya kembali sebagai tradisi yang diterima secara universal oleh masyarakat, khususnya dalam berarsitektur. 

“Defenisi kearifan lokal secara bebas dapat diartikan nilai-nilai budaya yang baik yang ada di dalam suatu masyarakat. Hal ini berarti, untuk mengetahui suatu kearifan lokal di suatu wilayah, Artinya, kita harus bisa memahami nilai-nilai budaya yang ada di dalam wilayah kita masing-masing, “ujar Amiwan.

Kemudian, Amirwan juga menyampaikan, kita semua jangan terpengaruh dengan berita yang selalu menyesatkan kita, terutama para pemuda kita. Mari kita perkokoh rasa nasionalisme NKRI, jangan biarkan Radikalisme merusak tatanan negara Pancasila yang kita cintai ini.

Setelah Amirwan juga tak pernah ketinggalan menyampaikan persoalan bahaya narkoba yang sangat menakutkan untuk kita semua. Untuk itu, saya menghimbau para orang tua, ninik mamak, dan tokoh masyarakat mari bersama-sama, mengawasi anak kemanakan kita, supaya mereka tidak bersentuhan dengan narkoba.

Diakhir pidatonya, Kapolsek Amirwan, sempat memanggil 2 orang pelajar untuk membaca Pancasila didepan jemaah mesijd Jamiak, karena pembacaan Pancasila oleh pelajar itu lancar dengan spontan, uang lembaran Rp50.000 meluncur dari kocek mantan KBO Lantas kota Payakumbuh itu.

Selain Iptu Amirwan, dalam tim V safari ramadhan itu juga dihadiri Plt BPBD Hendri Yoni, dan beberapa unsur dari dinas lainnya. Diakhir acara temu ramah Tim Safari Ramadhan kabupaten menyerahkan bantuan dari pemerintah kabupaten Limapuluh Kota sebanyak Rp10 juta, diterima pengurus mesjid setempat. (Nura)