BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Sukses menggelar kegiatan Roadres belum lama ini. Sekarang warga kelurahan Bulakan Balai Kandi (Bulba), Kecamatan Payakumbuh Barat, khususnya para generasi muda, kembali gelar kegiatan berupa festival bedug dan takbir.

Fstifal bedug dan takbir digelar remaja masjid (RESMA) Istiqomah kelurahan setempat itu, bertemakan “Sucikan Hati Menuju Hari Kemenangan” selama 2 hari berturut, Jumat-Sabtu (16-17/6), di halaman mesjid Istiqomah kelurahan Bulakan Balai Kandi dalam rangka memeriahkan bulan suci Ramadhan 1438 H yang berbeda dengan masjid yang lainnya di Payakumbuh.
 
Ketua LPM kelurahan Bulakan Balai Kandi Bakri kepada tabloidbijak.com di masjid Istiqomah, Minggu (18/6), mengatakan, diadakannya acara di bulan Ramadhan kali ini, akan mendapat berkah dan pahala yang lebih karena dapat memberikan hiburan kepada masyarakat. 

Pelaksanaan kegiatan ini, berbagai lomba bernuansa Islami, diantaranya festifal bedug, MTQ, kelompok Yasinan dan sebagainya, dengan lebih banyak menggali tradisi masyarakat, dan sekaligus untuk menggali dan mengeksplore beraneka ragam seni budaya Islami, yang tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat.
 
Kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan program nasional, tentang bagaimana budaya lokal untuk selalu dipertahankan dan digalakkan kembali oleh generasi muda, terutama di Luak Limo Puluah pada umumnya dan kelurahan Bulakan Balai Kandi khususnya. 

“Beragam kegiatan digelar para pemuda, diharapkan sebagai generasi mampu menjadi cermin yang baik dan sebagai tonggak dalam upaya membangun kelurahan dengan kreativitas yang dimiliki, kegiatan ini hendaknya terus dibudayakan setiap tahun,” harap Bakri.
 
Sementara itu, ketua pelaksana gema ramadhan remaja mesjid Istiqomah, Kiki Adrian kepada tabloidbijak.com, menyebutkan, kegiatan seperti ini sudah menjadi program rutin tahunan yang kita gelar bersama remaja mesjid Istiqomah, dan ini bertujuan mengangkat potensi dari kreatifitas ramaja maupun dari masyarakat sendiri.
 
Kami berharap kegiatan yang kami gelar ini, hendaknya mendapatkan perhatian dari pemerintah kota Payakumbuh, karena festival bedug ini, merupakan wadah silaturrahmi dikalangan umat muslim dalam memeriahkan bulan suci Ramadhan. 

“Jalinan ukhuwah lewat festival bedug dan takbiran akan memacu penyelenggaraan pembangunan Payakumbuh kedepannya, sehingga kesuksesan acara ini merupakan keberhasilan semua pihak,”ujar Kiki. 

Terpisah, Asisten I Setdako Payakumbuh Yoherman, mengatakan, pihaknya mengapresiasi RESMA yang telah mengangkat kegiatan nernafaskan Islami dibulan suci ramadhan. Harapan dari remaja mesjid itu akan kita sikapi untuk tahun berikutnya, yang jelas pemerintah daerah selalu mensuport kegiatan masyarakat, apalagi kegiatan program nasional, ujarnya. (Nura)