BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)--Jalin hubungan silaturahmi erat antar angkatan dan sesama alumni, Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMPN 4 Payakumbuh, gelar reuni akbar seluruh angkatan dan berhasil kumpulkan uang sebanyak lebih kurang Rp9,5 Juta, bertempat di halaman sekolah setempat, Selasa (28/6).

Koordinator reuni akbar IKA SMPN 4 Payakumbuh Hafrizal Chan, juga selaku ketua IKA periode 2014-2017 SMPN 4 Payakumbuh angkatan 86 didampingi ketua panitia pelaksana Rudyal Mulya Rosa, disekolah setempat, mengatakan, kegiatan ini rutin digelar sekali dalam tiga tahun. Dengan reuni akbar ini, diharapkan akan terjalin hubungan silaturahmi erat sesama alumni dan juga persahabatan di sekolah ini.

Maksud diadakannya kegiatan reuni akbar ini merupakan keinginan dari para alumni untuk berkumpul kembali bersama para alumni yang lain serta keinginan para alumni untuk bernostalgia mengingat kenangan-kenangan masa lalu. Kemudian, sharing, yaitu untuk mengetahui pengalaman dari alumni dan berbagi permasalahan yang dialami oleh alumni, yang kemudian di pecahkan bersama-sama.

”Secara umum acara ini bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan, lebih ditekankan ke arah sampling atas refleksi perjalanan hidup semua angkatan di dalam sekolah SMPN 4 Payakumbuh, secara khusus acara ini bertujuan untuk  Halal bi Halal dan perkenalan keluarga dan menambah database alumni serta menunjukkan perkembangan SMPN 4 Payakumbuh kepada para alumni, “ujar Hafrizal Chan.

Ditambahkan Rudyal Mulya Rosa, acara reuni akbar ini, diharapkan bermanfaat tidak sebatas pada mempererat tali silaturahmi, namun juga mampu memberikan nilai tambah pengetahuan dan pemahaman kepada sesama alumni, ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 4 Payakumbuh Devi Marlidra, dalam sambutannya, menyebutkan, reuni ini adalah momen bagi pihak sekolah dan para alumni saling berbagi. Baik dalam soal mutu pendidikan kedepan maupun sumbangsih para alumni terhadap pembangunan sekolah.

"Contohnya pada saat ini mushalla di SMPN 4 Payakumbuh, tidak mampu lagi menampung jumlah siswa untuk shalat berjamaah. Untuk itu di kami merencanakan akan membangun mushala bertingkat," sebut Devi Marlidra.

Ditambahkan guru senior biologi SMPN 4 Payakumbuh, Evi Mulya, dia berharap musholla yang terbengakalai ini dapat diselesaikan pembangunanannya sebelum dia pensiun di sekolah ini. Alhamdulillah, acara reuni akbar ini, kita dapat mengumpulkan uang sebanyak lebih kurang Rp9.5 juta. Uang ini nantinya, akan di pergunakan untuk pembangunan mushala bertingkat, sebutnya. (Nura)