BIJAK ONLINE (Padang)-Jamalus Datuak Ketua Rukum Warga (RW) 01 Kelurahana Belakang Pondok Kecamatan Padang Selatan menghimbau warganya unuk selalu hati-hati dan meningkatkan kewaspadaan terhadap keamanan rumah, kantor dan ruko menjelang libur lebaran Idul Fitri.
"Sabalun tajadi, labiah rancak hati-hati dan tingkatkan kewaspadaan," kata Ketua RW 01 Kelurahan Belakang Pondok, Jamalu Datuak, epada Tabloid Bijak, Rabu, 20 Juni 2017 di Posko BOM.

Menurut Jamalus, setiap warga masyarakat yang akan meninggalkan rumah, ruko dan kantor yang ada di RW 01, agar memerikasa kembali semua pintu dan jendela, apakah sudah dalam keadaan tertutup atau terkunci, sebelum pergi berlibur lebaran. 

Kemudian, kata Jamalus, setiap warga yang mempergunakan kompor gs, agar memeriksa kompor gas tersebut dengan menutup aliran gas. "Tujuannya, jangan sampai terjadi ledakan, sehingga memunculkan kebakaran," kata anggota jemaah tabliq ini.

Selanjutnya, mencabut stok kontak dan alat-alat listrik dan elektronik lainnya. "Jangan lupa juga menutup kran air ledeng atau air PDAM," ujar Jamalaus.

Bila akan meninggalkan rumah, dn ruko, ada baiknya juga meberitahukan tetangga disebelah rumah, untuk memantau juga aksi pencurian. "Segala kemungkinan itu mungkin saja bisa terjadi dan yang penting kita sudah hati-hati dan waspada," kata aktifis senior di Pemuda Pancasila ini. (Ndu)