BIJAK ONLINE (Tangerang)--Semua orang pasti mengharapkan pekerjaan yang mapan dalam hidupnya, sehingga, banyak orang melanjutkan pendidikannya kejenjang yang lebih tinggi dan tidak jarang pula setelah menyelesaikan pendidikannya,punya keinginan bekerja pada instansi pemerintah dan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), seperti, guru, dosen di perguruan tinggi dan kantor pemerintahan lainnya. Yang penting ada  nomor induk pegawai.

Tapi lain halnya, bagi Elfa Silfiana Amir, S.Pd, M.Pd, dia banting stir dari bertugas sebagai  dosen pada salah satu perguruan tinggi ternama di kawasan Gading Serpong Tangerang Banten, menjadi Pengusaha Online, dia sekarang berkantor sendiri di rumahnya di komplek Perumahan Karawaci Bukit Hijau. 

Alumni SMA Negeri 1 Pariaman ini, kini buka usaha Toko Bayi Onlline  dengan nama Cinta Bayi yang menjual berbagai kebutuhan bayi, produk edukasi untuk anak seperti Hafiz Doll dan buku – buku edukasi anak. Untuk penjualan produk edukasi anak, Elfa Silfiana mempunyai penjualan terbanyak kedua dari akhir  tahun 2016 sampai sekarang, dengan omset lebih kurang Rp. 200 juta perbulan untuk wilayah Tangerang. Tahun 2016 dari penjualannya, Elfa Sifiana telah mendapatkan bonus tahunan Family Trip ke Phuket Thailand.

Disamping itu juga dipercaya sebagai agen tunggal penjualan Bantal Anti Peyang untuk bayi dengan brand Olus Pilow untuk Wilayah Propinsi Banten dengan omset perbulan lebih kurang Rp. 30 juta.
Putri kedua dari Amiruddin dan Suarni Alif ini telah mempunyai 150 orangtenaga  yang tergabung dalam tim penjualan  (reseller) yang tersebar  di seluruh Indonesia, masing-masing  reseller menerima penghasilan  dari penjualannya berkisar Rp. 150 ribu s/d Rp. 2 juta perbulan yang langsung ditransfer ke rekening masing-masing. 

Menurut  Ibu dari Anugrah Zahran Elfata ini,  untuk penjualan produk edukasikasi anak sepert Hafiz Doll, dalam bulan Mei ini dia masuk peringkat ke 7 nasional, dan sudah berhasil  mendapatkan 1 tiket  menjelajahi 4 negara negara di benua Eropa yaitu ke Belanda, Belgia, Perancis dan Swiss untuk keberangkatan tahun 2018. Tetapi Elfa punya target minimal 2 tiket, agar bisa berangkat dengan suami tercintanya Muhammad Taufik Imam Sulaiman, S.Pd, M.Pd. 

Jebolan Pasca Sarjana (S2) Universitas Indonesia (UI) jurusan ilmu kompter ini, 2013-2016 mempunyai prinsip hidup tidak satu jalan ke Roma, artinya tidak harus menjadi PNS atau bekerja pada perusahaan orang lain yang setiap bulan terima gaji, tetapi  banyak hal yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan penghasilan melebihi dari PNS tersebut dan tidak bergantung pada orang lain, bahkan Elfa Silfiana merasa lebih terhormat   bisa memperkerjakan orang lain dengan penghasilan yang  menyenangkan dan menggembirakan setiap bulannya. 

Elfa Silfiana memulai karir berjualan Online ini diawali dengan penjualan tiket pesawat ketika masih kuliah Starata satu (S1) di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung 2007-2011 dengan mendirikan usaha tour and travel bersama 4 teman seperjuangannya.

Istri Muhammad Taufik dosen Unitirta Serang Banten ini, sebelum beralih menjadi pengusaha Online  juga tidak gegabah dalam mengambil keputusan. Karena setelah perhitungan yang matang, dia meminta dulu izin suami dan izin orang tua, karena restu dari suami dan restu dari orang tua sangat menentukan dalam kesuksesan usaha. 

“Alhamdulillah, suami mengizinkan dan orang tua juga merestui, disamping itu juga bisa selalu dekat dengan Zahran tiap hari di rumah, sambil membuka laptop bisa juga mengasuh anak bermain,” ujar Elfa Silfiana sambil tersenyum.

Padahal ketika menjadi dosen pada salah satu Perguruan Tinggi (PT) STKIP Surya 2011-2016  yang berlokasi di Gading Serpong dia telah menerima penghasilan setiap bulannya Rp. 6 juta. “Kalau bisa berpenghasilan lebih baik lagi, kenapa kita bertahan, karena ada peluang yang lebih baik, tentu harus kita tangkap secepatnya. Soalnya, kesempatan itu jarang datang dua kali,” tukuk Elfa Silfiana lagi dengan nada optimis. (amir)