BIJAK ONLINE (PADANG)-Wakil Wali Kota (Wawako) Padang, H. Emzalmi mengapresiasi pelaksanaan lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-16 Tahun 1438 H di Masjid Jihad Koto Tingga, Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji. Menurutnya lomba yang diprakarsai para generasi muda itu selain menyemarakkan bulan Ramadhan juga sesuai dengan progress pemerintah di masa lalu yakninya "Kembali ke Surau". Sebagaimana diharapkan dapat senantiasa diaplikasikan dalam bentuk yang lebih konkrit hingga masa-masa yang akan datang.

“Kita melihat tantangan dan pengaruh negatif mulai banyak mengancam generasi muda. Maka itu, di samping pemerintah, peran orang tua, para guru dan tokoh masyarakat sangat menentukan dalam menyikapinya,” ujar Wawako sewaktu membuka secara resmi MTQ ke-16 antar masjid/mushala se-Kota Padang tersebut, Minggu malam (4/6).

Emzalmi melanjutkan, para generasi muda di Padang memang diharapkan untuk senantiasa melakukan kegiatan positif dan menjauhi hal-hal yang berbau negatif.  Sebagai bukti, berbagai program pembinaan bakat, mental dan spiritual dan lainnya bagi generasi muda telah diluncurkan Pemko Padang.

“jadi, kegiatan MTQ ini patut kita apresiasi. Kita berharap, tidak hanya sukses dalam penyelenggaraannya saja, namun juga berdampak baik terhadap qari-qariah selaku peserta lomba dan juga kita semua,” ucapnya.

Lebih lanjut Putra daerah Kuranji itu menambahkan, saat ini ia pun melihat mulai banyak anak-anak umumnya pelajar yang tawuran, mabuk-mabukan, menghisap lem, penyalahgunaan narkoba serta membentuk geng-geng motor. Menurutnya, hal itu pun terjadi salah satu penyebabnya karena tidak tersalurkannya waktu yang terluang bagi mereka kepada kegiatan-kegiatan yang positif.

“Apalagi pengawasan orang tua juga sangat lemah dan malah anehnya lagi ada pula orang tua yang takut dengan anaknya. Jadi, kondisi ini tentu sudah membahayakan sekali dan merisaukan. Untuk itu, hal ini harus kita pahami bersama agar dapat membimbing, membina dan mengawasi mereka. Salah satunya tentu dengan mengamalkan nilai-nilai agama dan norma-norma kehidupan bermasyarakat di Minangkabau,” pungkas Emzalmi.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana MTQ ke-16 Tahun 1438 H Masjid Jihad Koto Tingga, Doni Saputra Chaniago menyebutkan MTQ tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan para pemuda/pemudi Masjid Jihad Koto Tingga dan sekitarnya di setiap bulan Ramadhan. Dimana tujuan utamanya adalah, demi membangkitkan dan meningkatkan semangat remaja dalam meningkatkan iman dan takwa kepada Allah Swt. Selain itu juga mengharapkan para pemuda/pemudi generasi muda di Kota Padang  dapat menyemarakkan Ramadhan dengan banyak melakukan aktifitas positif yang berpusat di masjid/mushala.

"Sehingga, melalui MTQ ini diharapkan peserta akan mengeluarkan bakat dan kemampuannya. Sehingga memberikan hawa positif bagi para generasi muda di kota ini,” tuturnya.

Dilanjutkannya, dalam MTQ kali ini ada empat cabang yang dilombakan. Diantaranya MTQ, Musabaqah Hifdzil Qur'an (MHQ), Musabaqah Fahmil Qur'an (MFQ) dan Busana Muslim Kreatif. Lomba dilaksanakan selama beberapa hari mulai pembukaan Minggu malam (4/6) hingga penutupan pada Sabtu (10/6) nanti. Sementara bagi pemenang panitia sudah menyediakan piala dan trophy bergengsi. 

Dalam kesempatan itu juga hadir diantaranya Forkopimka Kuranji, Ketua FKAN Pauh IX Evi Yandri beserta pengurus, tokoh masyarakat, bundo kanduang, pengurus masjid dan seluruh elemen masyarakat setempat. Pembukaan MTQ ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Wawako Padang H. Emzalmi. (David)