BIJAK ONLINE (LIMA PULUH KOTA)---Rebut berbagai cabang perlombaan, sejumlah siswa di Kabupaten Limapuluh Kota kebagian uang pembinaan. Pemberian penghargaan itu diharapkan dapat memotivasi siswa agar mampu tampil lebih baik lagi.

Hal tersebut disampaikan Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Limapuluh Kota Alfizal, M.Pd diruang kerjanya, Selasa (30/5), para siswa berprestasi itu antara lain Putri Laura Hanastasya, Clarend Najmi Boty dan Mia Rozalia yang semuanya siswi kelas 8 SMPN 1 Guguak.

Didampingi Plt Kepsek SMPN 1 Guguak Laida Engraini, Kabid Dikdas Alfizal, menjelaskan, pemberian uang pembinaan ini merupakan apresiasi bagi mereka yang telah mampu menunjukan kebolehanya. Penghargaan itu diharapkan mampu memotivasi siswa lebih meningkatkan prestasinya.

Siswa bernama Putri Laura Hanastasya sukses merebut juara 2 Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Sumatera barat tahun 2017 dan juara 1 lomba serupa tingkat Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh tahun 2017. Berikutnya, Putri mewakili Limapuluh Kota ke tingkat Provinsi Sumbar dalam lomba Sumbar Talenta pada Bulan April 2017 lalu. Tahun sebelumnya, Putri juga berhasil mengondol juara pertama FLS2N 2016 cabang solosong. 

“Atas prestasinya pada festival seni paling bergengsi tingkat siswa itu, Puteri kebagian beasiswa sebesar Rp2,5 juta. Sedangkan Clarend Najmi Boty berhasil merebut juara 2 cipta dan baca puisi tingkat Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2017. 

Dengan kebolehannya itu, Clarend mendapatkan uang pembinaan sebanyak Rp1.125.000 dari Pemkab Limapuluh Kota. Selain tahun sekarang, Clarend juga pernah mengantongi juara juara 1 baca puisi tingkat Limapuluh kota tahun 2016 dan finalis pada lomba yang sama di tingkat Provinsi Sumbar.

Berikutnya Mia Rozalia, mendapatkan hadiah uang yang sama banyak dengan Clarend  karena sukses juaran 2 cipta cerpen tahun 2017 serta juara 3 cipta Cerpen tahun 2016. “Clarend dan Mia, masing-masingnya mendapatkan tabas sebesar Rp1.125.000. Kita berharap kegiatan perlombaan itu mampu mengembangkan bakat dan minat siswa,” ucap Ujang nama panggilan Alfizal. (Nura)