BIJAK ONLINE (PADANG)-Walikota Padang H. Mahyeldi Asharullah Dt Marajo memberikan tausiah dalam kunjungan Safari Ramadan khusus sekaligus peringatan Nuzul Alquran di Masjid Ikhlas Muhammadiah Gaduang, Kecamatan Lubuk Begalung, Rabu (14/6).

Dalam kesempatan itu ia menyampaikan, mengapa Alquran menjadi pedoman bagi kehidupan umat manusia, yaitunya dikarenakan manusia adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah Swt. Sementara Alquran merupakan ‘kalamullah’ yang diturunkan kepada Rasululullah Saw dengan di dalamnya mengatur semua kehidupan manusia beserta alam dan seisinya.

Sebagaimana hal itu dibenarkan di dalam Surat Al-Baqarah 185. Yaitunya menjelaskan, Alquran diturunkan di bulan Ramadan sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).

“Sehingga dengan itu sangat banyak kemuliaan daripada Alquran. Diantaranya adalah diturunkan di bulan Ramadan sebagai petunjuk bagi hati para hamba-Nya yang beriman, membenarkan, dan mengikutinya,” terangnya.

Walikota yang juga seorang dai itu melanjutkan, adapun salah satu keistimewaan Alquran diantaranya merupakan satu-satunya kitab yang teks aslinya tidak pernah mengalami perubahan. Kemudian kita suci tersebut juga mudah membacanya dan bisa dihafal orang mana saja di seluruh penjuru dunia.

“Sementara keutamaan di dalam Alquran diantaranya terutama sebagai pedoman bagi fisik, ruh dan akal bagi manusia. Jika di dada kita, di hati kita dan di pikiran kita ada Alquran, maka tentu keutamaan dan kemuliaan Alquran ada pada kita. Maka itu, mari pedomani Alquran dalam kehidupan kita, agar kita selalu berada di jalan yang benar dan selamat di dunia hingga akhirat kelak,” seru Mahyeldi bersemangat.

Dalam kesempatan itu Walikota memotivasi dengan memberikan hadiah bagi generasi muda yang mampu menjawab pertanyaannya dengan benar. Di akhir kegiatan Walikota juga menyerahkan bantuan hibah Pemko untuk pembangunan dan kemakmuran masjid sebesar Rp5 Juta. (David)