BIJAK ONLINE (LIMA PULUH KOTA)---Baru-baru ini, bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi, telah meluncurkan bus perintis gratis, jurusan Sarilamak dan sekitarnya menuju rumah sakit Suliki. Fenomena itu, sudah lama ditunggu-tunggu warga Lima Puluh Kota, baru kini terwujud, alhamdulillah dan terima kasih kepada bapak bupati bersama jajarannya.

“Tak terbayangkan selama ini oleh kita, pikiran jernih pak bupati terhadap kebutuhan masyarakat. Dengan adanya bus perintis gratis itu, terbayang bagi kita kota Jakarta yang mempunyai bus way, agaknya seperti itu pula Lima Puluh Kota saat ini, “ujar Feri (45) salah seorang warga jorong Manganti, kenagarian Jopang Manganti, kecamatan Mungka, di mesjid Nurul Haq setempat kepada tim VIII safari ramadhan, Senin (5/6) malam.

Dengan telah diluncurkannya bus perintis gratis itu, kami anak nagari Jopang Manganti berharap dan menyarankan ada terminalnya di simpang nagari Jopang Manganti, kemudian jam berapa warga menunggu dipinggir jalan dan pukul berapa pula pulangnya.

Agar seluruh masyarakat Lima Puluh Kota tahu, bahwa kita telah punya bus perinstis gratis, mohon pula kepada dinas Perhubungan mensosialisasikan program tersebut secepatnya. Kini yang tahu, baru sebagaian masyarakat. Mohon dijelaskan, terminalnya dimana, operasonalnya kapan-kapan saja dan sebagainya.

Feri mengaku gembira dan bersyukur, dengan adanya mobil angkutan gratis dari tanjuang Pati ke Kecamatan Suliki dari Pemkab ini. "Terimakasih pak Bupati telah menyiapkan transportasi untuk kami, Dengan adanya angkutan gratis ke Suliki, kami tidak akan susah payah lagi untuk berobat dan memeriksa kesehatan, dirumah Sakit Achmad Darwis" sebutnya.

Dalam kesempatan itu, tim VIII safari ramadhan yang langsung diketuai Plt Sekdakab M. Yunus menyebutkan, bus perintis gratis sengaja diluncurkan bupati, untuk masyarakat yang berobat ke rumah sakit Suliki, terhadap saran agar terminalnya diadakan di simpang Jopang Manganti, akan dijawab langsung oleh dinas Perhubungan, ujarnya.

Plt kepala dinas Perhubungan, Yuniwal, kebetulan juga anggota tim VIII safari ramadhan, menyebutkaan, mobil perintis ini akan melewati rute jalan yang telah ditetapkan dimulai pukul 08.00 pagi sampai pukul 15.00. 

"Dalam sehari kita usahakan minimal mobil berangkat satu kali pulang pergi, terhadap terminal di simpang Jopang Manganti, akan kita evaluasi lagi dan kita kita usahakan. Kini semua saran dari masyarakat kita tampung secara keseluruhannya, "sebut Yuniwal.

Sesuai dengan undang-undang Nomor 22 tahun 2009, tentang lalu lintas dan angkutan jalan, pada pasal 7 (ayat 2) dan pasal 139 (ayat 3), maka diperlukan adanya pelayanan angkutan umum guna mendukung aktifitas dan mobilitas masyarakat dalam mengevektifkan jalannya roda ekonomi dan pemerintahan.

"Berdasakan data yang kami peroleh, saat ini pelayanan dari pusat kota Sarilamak ke pusat pelayanan umum seperti Rumah Sakit belum terlayani secara maksimal, khususnya bagi masyarakat yang akan berobat ataupun pasien rujukan dari puskesmas ke RSUD. Hal ini, yang menjadi latar belakang bagi Dinas Perhubungan mengembangkan angkutan umum dengan layanan angkutan perintis secara gartis" jelasnya.

Sebelumnya, bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi, menyebutkan, inovasi baru yang diciptakan dinas Perhubungan, berupa armada angkutan perintis gratis itu merupakan sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat luas.

Rencananya untuk tahap pertama, angkutan perintis  ini akan melayani rute Sarilamak menuju Rumah Sakit dr Achmad Darwis, Kecamatan Suliki. Dengan Trayek Sarilamak-Gurun-Lubuak Batingkok- Simalanggang-Taeh Baruah-Mungka-Padang Jopang-Limbanang terakahir RSUD Ahcmad Darwis Suliki.

Peluncuran angkutan perinstis ini bertujuan sebagai bentuk akomodasi permintaan masyarakat pada jalur yang belum terlayani angkutan umum, khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan ke Rumah Sakit Daerah Dr Achmad Darwis Suliki.

"Ini sebagai bentuk pelayanan dan perhatian kepada masyarakat. Jadi dengan adanya mobil angkutan perintis ini, masyarakat tidak perlu risau lagi untuk berobat ke RSUD Suliki, karena Pemerintah telah menyiapkan transportasi gratis," sebut bupati.

Selain itu, katanya juga bertujuan sebagai perwujutan sistem pelayanan transportasi yang lebih optimal sehingga penyelenggaraan angkutan umum dapat berjalan lebih efektif, efisien dan terjangkau. "Angkutan perintis gratis ini merupakan kendaraan bermotor milik Pemerintah Daerah untuk melayani masyarakat. Untuk itu, saya harap masyarakat mendapat layanan yang aman, nyaman dan selamat sampai tujuan," sebut bupati. (Nura)

google+

linkedin