BIJAK ONLINE (LIMA PULUH KOTA)---Kebakaran hebat kembali terjadi di kota Payakumbuh. Kali ini, rumah warga milik M. Nur Jaham (80) beserta 2 rumah tetangganya di kelurahan Balai Cacang Ikua Koto dibalai Koto Nan Gadang, Payakumbuh Utara ludes dilalap sijago merah, Senin (5/6) sekitar pukul 04.00 WIB dini hari.

“Musibah yang dialami M. Nur Jaham, Suwanir, Nasrul dan Fauzi itu, tidak saja menghanguskan rumah korban atau menelan kerugian materi ratusan juta, akan tetapi menelan korban jiwa. Korban M. Nur Jaham ditemukan tim Pemadam Kebakaran dalam kondisi gosong, “ujar Kadis Satpol PP dan Kebakaran Devitra didampingi Kabid Damkar Suhatril dan Kasi Pencegahan Kebakaran Ahdion kepada tabloidbijak.com disela-sela kebakaran.

Kronologis musibah itu, disaat warga bersiap akan sahur, masyarakat setempat di kagetkan dengan berkobarnya api di salah satu rumah warga. Api melahap dua rumah berdekatan. Namun, pemilik rumah M.Nur tak dapat tertolong lagi, akibatnya korban tewas terbakar didalam rumahnya. 

“Jasad korban baru bisa di evakuasi setelah pihak Damkar bersama warga memadamkan api. Proses evakuasi korban di lokasi dua rumah habis terbakar dan satu korban jiwa. Kerugian yang dialali korban berkisar ratusan juta dan penyebab dari kebarakan itu sedang diselidiki pihak berwajib, “tambah Ahdion.

Selang tak lama setelah terjadinya musibah, Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, pagi Senin (5/6), sekitar pukul 08.00 WIB, mengunjungi lokasi terbakarnya tiga rumah yang dihuni empat Kepala Keluarga di Balai Cacang, Kelurahan Ikua Koto di Balai, nagari Koto Nan Gadang, Kecamatan Payakumbuh Utara.

Didampingi Asisten Pemerintahan Yoherman, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Amriul Dt. Karaiang, Kadinas Kominfo Elvi Jaya, ST dan Kadinas Sosial Idris, Camat dan Lurah, Walikota Riza Falepi di lokasi musibah langsung bertemu dengan korban, tokoh masyarakat setempat, dan melakukan koordinasi dengan sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah) guna penanganan lanjutan setelah musibah. 

Dilokasi, Walikota Riza Falepi langsung perintahkan kepada Dinas Sosial, agar dilakukan bantuan tanggap darurat secepatnya kepada para korban. Dan kepada para korban Riza Falepi, menyampaikan keprihatinannya terhadap musibah ini, dan para korban agar sabar dan tawakal kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa. 

Sementara itu, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Amriul Dt. Karaiang, melalui Kepala Dinas Kominfo, Elvi Jaya,ST, meminta dibuatkan himbauan agar masyarakat dapat melakukan pemeriksaan ulang terhadap instalasi listrik di rumah masing-masing. “Karena intalasi yang terpelihara baik dapat mengurangi resiko dari hal-hal yang tak diingini,”ulas Dt. Karaiang. (Nura)