BIJAK ONLINE (padang Pariaman)—Wali Nagari Batu Kalang, Kecamatan Padang Sago, H. Jamarusti, adakan acara berbuka puasa bersama pemuka masyarakat, dalam rang kangka meningkatkan Silaturahmi dengan mengmbil momen Ramadhan, karena bulan Ramadhan disebut juga dengan bulan Silaturahmi dan bulan ampunan, Jum’at (16/6/2017).

Jamarusti, dalam samutannya mengatakan, terlaksananya kegiatan acara buka bersama ini, kerjasama antara Wali Nagari dengan Bamus Nagari, tujuan dari acara berbuka puasa bersama ini, dalam rangka meningkatkan Ukhwah Islamiyah, antara pemerintahan nagari dengan pemuka mesyarakat, karena dengan pertemuan dan silaturahmi, bisa saling mengisi, antara satu sama lain.

Dikatakan, masyarakat diminta memberikan masukan kepada Pemerintahan Nagari, terhadap pembangunan yanag dibutuhkan, sehingga pemerintahan nagari bersama dengan Bamus, bisa membuat program terhadap yang dibutuhkan masyarakat untuk kepentingan umum.
“Jadi pembangunan itu diharapkan idenya  tumbuh dari bawah, sehingga menyambung apa yang dibuat pemerintah dengan keinginan masyarakat,” ujar Jamarusti.

Lebih jauh disampaikan, Tahun Anggaran 2017 Pemerintahan Nagari Batu Kalang, akan memulai membangun Jembatan Gantung Lubuk Dangkong dengan anggaran Rp. 389.259.816 yang menghubungkan Korong Kampung Piliang dengan Korong Lubuk Napa dan sekaligus untuk mempersingkat perhubungan kedua korong tersebut.

Selain itu, juga akan dikerjakan peningkatan Jalan dari  Simpang Surau Batu ke Lubuak Duri, dengan anggaran 251.990.000, pembangunan Jembatan Gantung Lubuk Dangkong dengan Peningkatan Jalan dari Simpang Surau Batu ke Lubuk Duri, merupakan pekerjaan yang tidak bisa dipisahkan, keduanya saling terkait.

Ditambahkan Jamaarusti, Pemerintahan Nagari Batu Kalang, juga akan membuka Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) dimana modal awalnya penyertaan modal dari pemerintahan Nagari sebanyak Rp. 40 juta rupiah. Bamus Nagari Batu Kalang, termasuk Bumnag yang sudah mempunya Perna dan sudah dijanjikan akan dapat bantuan modal dari Pemerintahan Provinsi Rp. 50 juta rupiah dan dari Pemerintah Pusat Rp. 50 juta rupuah.

“Apabila dana bantuan itu turun, maka total modal Bumnag menjadi Rp. 140 juta rupiah,” tutur Jamarusti.

Sebelum acara berbuka puasa juga dilaksanakan tausiyah cermah tujuh menit dengan nara sumber, Ali Akbar, Tuanku Mudo dengan judul ceramah, mensyukuri nikmat Allah SWT. Sebagai umat Islam, kita selalu diingatkan supaya selalu bersyukur setiap mendapatkan nikmat Allah SWT, karena janji Allah siapa orang yang pandai bersyukur akan ditambah nikmat kepadanya.

“Sebaliknya, siapa orang yang tidak pandai bersyukur, Allah SWT, juga mengancam bahwa azabnya sangat pedih, artinya, kalau kita pandai bersyukur bisa jadi kita merasa sempit daalam kehidupan ini,” ujar Ali Akbar.

Acara buka puasa bersama juga dihadiri beberapa orang mantan Camat Padang Sago, Drs. Azminur, M.Si, Syamsunar, BA dan Hasan Basri, S.Sos serta Sekcam Padang Sago, Kapolsek VII Koto Sungai Sariak, Ninik Mamak, Ali Ulama, Pemuda dan Bundo Kanduang serta pemuda Nagari batu Kalang. (amir)