BIJAK ONLINE (LIMAPULUH KOTA)----Setelah melakukan musyawarah mufakat, akhirnya ASrizal resmi dilantik sebagai walinagari Ampalu, Kecamatan Lareh Sago Halaban mengantikan Pj Zainal yang sebelumnya mengantikan mantan Wali Nagari Ampalu, Munasri Dt Pangulu Kayo (Alm) yang meninggal dunia tahun lalu.

Pelantikan tersebut, dilakukan bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi setelah pembacaan sumpah jabatan dalam sidang paripurna bamus Ampalu, di halaman Balai Adat, Kenagarian Ampalu, Kecamatan lareh Sago Halaban, Kamis (27/7). Ikut Hadir, camat Lareh Sago Halaban, Efrizen, kepala OPD Pemkab Limapuluh Kota, bamus, niniak mamak, bundo kanduang beserta undangan lainnya.

Dalam sambutanya, Irfendi Arbi mengucapkan terimakasih kepada Pj Zainal yang telah menjabat selama 7 bulan membantu pembangunan di kenagarian Ampalu. "Terimakasih atas bantuannya, Kita berharap apa yang telah dibangun positif oleh pj Walinagari bisa dilanjutkan walinagari yang baru,"sebutnya.

Sementara itu, kepada walinagari yang baru saja dilantik, Irfendi juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Asrizal sebagai walinagari terpilih melalui musyawarah bersama. “Harapan kita kedepan, beliau mampu memimpin Nagari sesuai dengan harapan masyarakat, agar kepemimpinanya senantiasa berjalan dengan baik,”ujarnya.

Menurut bupati jabatan wali nagari sekarang cukup berat, hal itu dikarenakan awal dari pembangunan di kabupaten Limapuluh Kota dimulai dari nagari. Apalagi tambahnya, saat ini, rata-rata nagari kebagian dana sekitar Rp1 miliar lebih untuk dikelola di nagari.

"Mengelola dana sebesar ini, walinagari diwajibkan bekerja dengan baik sesuai dengan aturan berlaku. Diharapkan, walinagari mampu mewujudkan harapan masyarakat membangun nagari yang lebih baik kedepan. Hal ini, tentunya perlu dukungan dari semua pihak,"ulasnya.

Senada juga diungkapkan, Pj walinagari Zainal, dirinya berharap nantinya walinagari terpilih bisa menegakan budaya adat minangkabau di kenagarian Ampalu. "Tegakkan kembali adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah menciptakan nagari Ampalu sebagai nagari yang beradat,"sebut bupati.

Dijelaskannya, saat ini yang menjadi momok menakutkan dikenagari itu adalah maraknya kenakalan remaja, untuk itu kedepan hal ini harus menjadi perhatian serius bagi walinagari terpilih dalam meminimalisir kenakalan remaja.

"Mewujudkan hal ini, tentunya kita tidak hanya bertumpu kepada walinagari saja, butuh perjuangan bersama-sama. Untuk itu, kepada seluruh masyarakat nagari Ampalu  Mari kita rapatkan barisan bersama-sama untuk membangun kenagarian ini kearah yang lebih baik,” ujarnya.

Menaggapi hal itu, walinagari terpilih Asrizal dalam sambutannya menyampaikan tekadnya untuk  mewujudkan kenagarian Ampalu kearah yang lebih baik lagi, terutama dalam memajukan pembangunan-pembangunan Infrastruktur di nagari.

"Kita ucapakan terimakasih kepada masyarakat Ampalu yang telah mempercayai saya menjabat sebagai wallinagari. Saya harap dukungan semua pihak agar kedepan nagari Ampalu bisa lebih baik lagi, sesuai dengan perwujudan visi-misi pemerintah daerah,"jelasnya. (ada)