BIJAK ONLINE (LIMAPULUH KOTA)---Memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2017, sekaligus memeriahkan awal tahun pelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), layanan TK dan KB, bunda Paud gelar beragam kegiatan, di Medan Nan Bapaneh, Kenagarian tarantang, Kecamatan Harau, Selasa (25/7).

Kegiatan itu dibuka secara resmi bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi didampingi bunda Paud Limapuluh Kota, Monalisa Irfendi, camat Harau, Deki Yusman, beserta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, bupati Irfendi Arbi mengatakan mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, anak-anak usia dini merupakan aset bagi bangsa yang harus diberikan hal-hal yang positif demi masa depannya.

"Anak merupakan anugerah, selaku orang tua pantas untuk dijaga, dirawat dan mengarahkan anak-anak dengan penuh kasih sayang. untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan tekad dan perjuangan keras, keteladanan, pendampingan dan pemberian pendidikan dengan penuh kedisiplinan dan kebijakan,"ujarnya.

Dikatakannya, pada usia dini dibutuhkan kegiatan-kegiatan fisik yang dapat mendukung tumbuh kembang anak, salah satunya dengan kegiatan-kegiatan kreativitas anak seperti acara gebyar Paud yang dilaksanakan, sebutnya.

Senada juga diungkapkan Bunda Paud, Monalisa Irfendi Arbi, menurutnya, pendidikan anak dini bukan hanya tanggung jawab insan pendidikan saja, tetapi tanggung jawab semua pihak, karena anak-anak usia dini merupakan generasi penerus pembangunan di Limapuluh Kota.

"Alhamdulilah, kabupaten Limapuluh Kota baru saja mendapat penghargaan kabupaten Layak Anak, dengan itu diharapkan bahwa pendidikan PAUD semakin kedepan semakin baik, demi kemajuan anak-anak di Limapuluh Kota,"tambahnya.

Sementara itu ketua panitia, Israr mengatakan dalam kegiatan gebyar Paud ini diselenggarakan beberapa kegiatan. Diantaranya, Lomba Mewarnai dan senam sehat ceria. "Kegiatan ini, diikuti hampir seribu anak-anak dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota, dengan mengangkat tema mewujudkan anak paud yang cerdas, sehat, ceria dan berakhlak mulia,"ungkapnya.

“Setiap pemenang yang berhasil menjadi juara pada kegiatan tersebut akan mewakili kabupaten Limapuluh Kota dalam kegiatan peringatan HAN tingkat Provinsi Sumbar. Pada kesempatan itu, yang berhasil mewakili kabupaten Limapuluh Kota adalah Tio dari TK Pembina, Kecamatan Harau setelah berhasil memperoleh Juara 1 mewarnai tingkat Taman Kanak-kanak, sedangkan untuk kategori Paud berhasil dijuarai Iqbal siswi Paud Mutiara Bunda, Kecamatan Harau, ujar Israr. (ada)