BIJAK ONLINE (LIMAPULUH KOTA)---Memperingati Hari Lahir Lanjut Usia Nasional di kabupaten Limapuluh Kota, Bupati Irfendi Arbi melalui dinas Kesehatan, bupati bersama dengan lansia se-kabupaten Limapuluh Kota, pupuk para Lansia dengan nyanyi bareng di aula dinas Kesehatan, Senin (3/7).

Pada kesempatan itu bupati Irfendi arbi juga meberikan penghargaan kepada puskesmas-puskemas berprestasi. Penyerahan hadiah didampingi langsung Kepala Dinas Kesehatan, Dr Tien Soeptino kepada 8 Puskesmas yang tersebar di setiap Kecamatan.

Delapan kecamatan itu yakni, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kecamatan Mungka, Kecamatan Akabiluru, Kecamatan Payakumbuh,Kecamatan Harau, Kecamatan Luak, Kecamatan Situjuah, dan Kecamatan Guguak.
  
Dalam sambutannya, Bupati Irfendi Arbi mengatakan, peringatan  Hari Lanjut Usia ini dilakukan dalam rangka menjaga kesahatan dan meningkatkan sumber daya manusia lanjut usia yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota.

"Kedepan, lansia harus tetap kuat,sehat dan selalu tersenyum. Untuk itu marilah kita tingkatkan kesehatan, mari hidup bermatabat di usia senja, lanjut usia harus sejahtera," ujar bupati.

Bupati juga menghimbau agar semua pihak berupaya memperbaiki dan meningkatkan kesejahteraan lansia. Menurutnya peran serta keluarga, masyarakat, dan lembaga lainnya sangat diperlukan dalam upaya pemberdayaan para lanjut usia, sehingga mereka tidak selalu bergantung pada orang lain. Dengan adanya peran serta komponen masyarakat lainnya tersebut, para lanjut usia diharapkan dapat semakin mandiri. 

"Mudah-mudahan dihari lanjut usia ini dapat semakin menyadarkan semua pihak akan keberadaan para lanjut usia. terutama dalam meningkatkan kualitas kesejahteraan lansia. Saya harap kegiatan-kegiatan kelansian seperti ini dapat ditingkatkan lagi," sebut bupati.

Sementara itu, Kadis Kesahatan, Dr Tien Soeptino mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan Dinas kesehatan dalam meningkat peran lansia terutama dalam menjaga kesehatan para lansia. Rangkaian kegiatan itu diantaranya melakukan senam bersama dan  pengobatan gratis bersama para lansia, ujarnya. (Nura)