BIJAKONLINE(Padang)– Empat Pilar MPR RI yang terdiri dari Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan warisan para pendiri bangsa yang harus dipahami dan dilestarikan setiap warga negara di negeri ini.

Demi memastikan pengimplementasiannya, perlu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat terutama bagi penyelenggara negara di seluruh wilayah tanah air. Sebagaimana hal itu sesuai amanat Undang-undang (UU) Nomor 17 tahun 2014 jo. UU Nomor 42 tahun 2014.

Seperti kali ini, Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dilaksanakan bagi jajaran Pemerintah Kota Padang. Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKS, Hermanto menyosialisasikannya bagi para camat beserta lurah di lingkungan Pemerintah Kota Padang.

Dalam kesempatan itu Hermanto menjelaskan, Sosialisasi Empat Pilar MPR RI sangatlah penting dilakukan, mengingat setiap warga negara harus betul-betul memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya agar senantiasa hidup di tengah-tengah masyarakat.

Sebagaimana jelasnya, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 sebagai konstitusi negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia.

“Oleh karena itu, internalisasi nilai-nilai empat pilar MPR RI ini menjadi keniscayaan bagi kita semua untuk mampu melestarikan nilai-nilai ke-Indonesiaan. Sehingga kita juga bisa langsung merespon secara positif, jika ada berbagai pengaruh yang berpotensi melemahkan jati diri bangsa atau keutuhan NKRI,” sebutnya dalam kegiatan berkat kerja sama MPR RI dengan Pemko Padang itu, di Aula Bagindo Aziz Chan Balaikota, Jumat (7/7/2017).

Wali Kota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo kesempatan itu menyambut positif diselenggarakannya Sosialisasi Empat Pilar MPR RI tersebut. Menurutnya, sosialisasi tersebut penting diikuti bagi camat dan lurah selaku penyelenggara pemerintahan bagi masyarakat.

"Dalam menjalankan tugas, para lurah dan camat memang sangat dituntut bisa menegakkan dan mengimplementasikan empat pilar ini. Semoga melalui sosialisasi ini akan semakin memberikan pemahaman, terutama meningkatkan rasa memiliki NKRI serta menggelorakan semangat kesadaran berbangsa dan bernegara,” imbuh Walikota. Di akhir kegiatan yang juga diisi dengan saling tanya jawab itu, masing-masing pihak juga saling menyerahkan cenderamata. (David)