BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)—Setelah bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi, mensuport penuh alek pacu kuda Lebaran Cup 2-3 Juli depan, ternyata sejumlah tokoh masyarakat dan perantau juga angkat bicara.

“Pacu kuda di gelanggang Kubu Gadang, kerana Payakumbuh sudah dikenal salah satu daerah sebagai sumber kuda-kuda yang berkualitas. Pacu kuda kali ini, tidak semata memberikan hiburan rakyat akan tetapi juga berharap agar Lebaran Cup digelar anak nagari Koto nan Gadang berhasil hendaknya membawa perubahan, “ujar salah seorang perantau Jakarta bernama Catur Virgo Dt. Paduko Rajo (53) kepada tabloidbijak.com di Payakumbuh, Jum’at (30/6).

Catur Virgo merupakan salah seorang warga Koto nan Gadang, Payakumbuh Utara, mengharapkan kedepannya agar gelanggang pacu kuda kita benahi secara bersama-sama. Kemudian diharapkan lagi, agar pedagang tidak lagi berdagang ditengah gelanggang. Mereka para pedagang harus kita suburkan dengan berjualan di pinggir, berdirinya sama dengan penonton.

Tujuannya, supaya penonton dapat menikmati jalannya pacu kuda dari pagi hingga selesai, diharapkan panitia bisa mengatur pedagang dari sekarang. Kemudian, jangan ada lagi judi. Bagi masyarakat yang sering manjat pagar agar jangan pula terjadi, karena kondisi pagar gelanggang sudah lapuk dan berhaya jika ini terjadi.

“Semarak pacu kuda Koto nan Gadang, sebagai alek nagori yang bertepatan dengan hari raya Idul Fitri, jelas bertujuan untuk memberikan hiburan bagi masyarakat luas. Bakan juga dapat dijadikan ajang bernostalgia. Dipilihnya pacu kuda, karena pacu kuda sudah merupakan budaya rang Luak Limopuluah dari dulu hingga sekarang, “ujar Catur Virgo.

Nada yang sama juga dilontarkan Amris Nur (63), dia menyarankan, saat ini panitia alek pacu kuda Lebaran Cup minim sosialisasi, seperti tidak adanya spanduk dan baliho di simpang-simpang, begitu juga belum terdengar bagi kita suara alek pacu kuda di radio maupun melalui mobil hallo-hallo.

“Karena waktu masih ada, diharapkan kepada panitia agar menyuarakan lewat media masa, media elektornik. Kapan perlu mamfaatkan TV Denai, karena kita di Payakumbuh telah memiliki TV lokal yang dapat menyiarkan kegiatan apa saja ke seluruh pelosok Luak Limopuluah, “ujar Amris Nur mensuport.

Ketua dan sekretaris Lebaran Cup M. Arief Malano dan Wal Asri Dt. Paduko nan Sati, mengatakan, selain mendatangkan kuda-kuda ternama, juga dimeriahkan oleh kuda ternama King Sepa milik bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi. King Sepa akan berpacu dengan jarak 1.200 pada hari Senin.

“Untuk itu, terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak, saran dan masukan dari masyarakat, minimnya sosialisasi kami akui, hal tersebut menjadi bahan evaluasi bagi kami. Mudah-mudahan dengan waktu yang tersisa dapat kami sikapi dengan baik dan cepat, “ujar M. Arief Malano. (Nura)