BIJAK ONLINE (LIMAPULUH KOTA)---Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi, mengingatkan agar seluruh Calon Jemaah Haji (CJH) berjumlah 304, menjaga kesehatan sebelum melakukan kebarangkatan ketanah suci. Seperti kita ketahui bersama, ibadah haji sangat memerlukan stamina dan fisik, untuk itu marilah bersama-sama kita jaga kesahatan.

Hal tersebut dikatakan Irfendi Arbi, ketika CJH mengikuti bimbingan Manasik haji dari Kementrian Agama Kabupaten Limapuluh Kota, di aula kantor Bupati, setempat Selasa (4/7). Kegiatan tersebut, dibuka secara resmi oleh bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi didampingi kepala kantor Kemanag Limapuluh Kota, Ramzah Husmen.

Dalam kesempatan itu, ikut hadir, kepala Bagian Kesra sekretariat daerah, Arwital dan beberapa moderator diantaranya, Efriyani, Alfian, Sri Negsih, Reski Putra dan ketua panitia pelaksanaan ibadah haji, Ifkaf. Ditekankan bupati, agar seluruh peserta yang hadir benar-benar mendengarkan secara seksama sehingga nantinya tidak ada masalah pada pelaksanaan ibadah haji.

"Saya harap CJH bersungguh-sungguh dalam pelaksanaan manasik haji ini, mari kita jaga kekompakan bersama. Saya harap nanti, pada pelaksanaan ibadah haji, kita semua saling mengisi dan bantu membantu. Yang terpenting, kita harus disiplin dan mengikuti seluruh aturan-aturan yang berlaku,"ujarnya.

Sementara itu, ketua panitia Manasik haji, Ifkaf mengatakan, peserta manasik CJH ini berjumlah 304 orang, mayoritas dari kecamatan Payakumbuh berjumlah 37 orang, kecamatan Akabiluru 16 orang, Luhak 18 orang, Lareh Sago Halaban 12 orang, situjuah Limo Nagari 8 orang,guguak 60 orang, harau 61 orang, Mungka 10 orang, Suliki 10 orang, Bukit barisan 8 orang, Gunuang Omeh 12 orang, kapur IX 41 orang dan Kecamatan Pangkalan 11 orang.

Materi yang disampaikan dalam bimbingan manasik CJH terdiri dari 4 materi dalam delapan jam pelajaran. "Materi pelajaran itu diantaranya, kebikjaksanaan pemerintah tentang penyelenggaraan Ibadah haji, kebijakan teknis kesehatan haji, pembentukan kloter dan keselematan penerbangan, dan pemantapan manasik haji berbasil Qalbu dan melestarikan kemaburan haji,"sebutnya. (Nura)