BIJAK ONLINE (Padang)-Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengungkapkan dua hal yang bisa mendatangkan kesuksesan dalam hidup, yaitu zikir dan pikir. Hal itu diungkapkan Irwan ketika memberikan tausiah di Aula Barat kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Rabu (5/7/2017).

Irwan menjelaskan bahwa dalam diri manusia terdapat hati dan akal yang keduanya harus diisi dengan berbagai macam hal yang positif.

"Kalau fisik kan kita butuh makan, sedangkan akal makanannya ilmu dan hati membutuhkan zikir. Keduanya harus terpenuhi secara seimbang jika terpenuhi maka kehidupannya akan sukses," ungkapnya.

Selain itu, Irwan mengingatkan akan pentingnya menyambung tali silaturhami. Dia mengungkapkan bahwa dalam silaturahmi bisa memperpanjang umur dan menambah rezeki.

"Kita tadi diundang Pak Rektor ITB untuk memberikan tausiah sekaligus silaturahmi sesudah lebaran. Saya menyatakan bahwa dalam silaturahmi menurut hadits nabi bisa memperpanjang umur dan bisa menambah rezeki. Nah, itulah yang harus kita budayakan karena ada kalanya kita meremehkan sikaturahmi padahal manfaatnya banyak," tambahnya.

Menurutnya, secara psikologis dan sosial, manusia ketika bersilaturahmi bisa berkomunikasi saling berbagi cerita. Silaturahmi pun mampu menyehatkan kesehatan mental manusia..

"Itu sebetulnya adalah terapi secara psikologis menjadi sehat atau bisa dikatakan katarsis yaitu mengungkap curahan hati melalui tali silaturahmi. Dengan silaturahmi maka penyakit yang muncul dari pikiran dan perasaan bisa lepas keluar pada saat melakukan silaturahmi. Makanya silaturahmi ini sakitnya berkurang dan umurnya panjang," ujarnya

Selain itu, silaturahmi bisa memperbanyak rezeki. Dengan sikaturhani, imbuhnya, bisa memperluas jaringan perkenalan bisnis. Di kehidupan politik, ia mengatakan silaturahmi bisa mendatangkan dukungan.

"Saya katakan tadi para pejabat kalau tidak dengan silaturahmi mana bisa seperti sekarang," pungkasnya. (Humas Sumbar)