BIJAK ONLINE (LIMAPULUH KOTA)---Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi pimmpin apel dihari pertama ngantor libur lebaran, dihalaman kantor bupati, Sarilamak, Senin (3/7) pagi. Dalam apel itu tingkat kehadiran Aperatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) di Sekretariar Daerah mencapai 90 Persen.

Bupati dalam arahannya meminta, seluruh peserta apel yang hadir kembali bekerja sesuai dengan tugas, pokok dan fungsinya masing-masing, selain itu bupati juga meminta agar ASN dilingkungan itu lebih memaksimalkan kinerja kedepan.

"Berhubung masih suasana lebaran idul fitri, silahkan kita semua saling bersilahturahmi. Tapi ingat, jangan sampai lupa dengan pekerjaan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing. Saya atas nama pemerintah daerah dan pribadi mengucapkan mohom mahil lahir dan bathin," sebut bupati.

Bupati juga mengharapkan kepada seluruh pegawai untuk tidak ragu dan bimbang dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Selain itu juga menghimbau agar ASN maupun THL jangan mau di intimidasi dalam pekerjaan. "Marilah kita bekerja dengan enjoi, karena pekerjaan kita menyangkut dengan kepentingan masyarakat. Jadikanlah hari pertama kerja ini menjadi penyemangat bagi kita semua,"sebut bupati lagi.

Selain itu, pada kesempatan itu bupati Irfendi Arbi juga mengapresiasi tingkat kehadiran ASN maupun THL di Lingkungan Sekretariat daerah, menurutnya dihari pertama kerja usai libur lebaran ini sangat memuaskan. Setelah itu, bupati Irfendi Arbi jambangi seluruh OPD.

"Kita apresiasi kehadiran bapak-ibuk semua, saya lihat dihari pertama masuk kerja ini pegewai yang hadir cukup memuaskan. Namun, jika ada ASN dan honorer yang tidak masuk kerja tanpa keterangan yang jelas pasca liburan Idul fitri akan kita beri sanksi," sebutnya.

Sementara itu Kepala Bidang Data Badan Kepagawai Daerah Safrizal, mengatakan, dihari pertama masuk kerja ini tingkat kehadiran ASN di pemerintah kabupaten Limapuluh Kota, pasca libur Idul Fitri 1438 Hijriah mencapai 99 persen.

Menurutnya, satu persen pegawai yang tidak hadir itu pada umumnya memiliki alasan yang jelas, diantaranya ada yang cuti melahirkan dan sakit sesuai dengan keterangan dokter. "Tingkat kehadiran ASN kali ini cukup tingi,  khusus untuk bagian sekretariat daerah dari 160 orang pegawai negeri Sipil tercatat hanya ada 1 orang yang tidak hadir, 33 diantaranya melakukan Dinas luar,"sebutnya.

Dikatakannya, tingginya tingkat kehadiran ASN di hari pertama masuk kerja pascalibur lebaran karena jauh-jauh hari sebelum libur, pemkab Limapuluh Kota telah mengingatkan agar semua ASN agar masuk tepat waktu. 

"Alhamdulillah berkat kesadaran masing-masing angka kehadiran dihari pertama kerja memuaskan, namun jika ada yang terbukti tidak masuk tanpa keterangan akan dproses sesuai ketentuan yang berlaku,"katanya.

Usai menggelar apel pagi, seluruh ASN beserta THL juga berislahturahmi dengan Bupati Irefendi Arbi, didampingi wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, Plt Sekda M. Yunus dan kepala-kepala bagian Sekretariat Daerah. (Nura)