BIJAK ONLINE (LIMAPULUH KOTA)—Rentang waktu 1 tahun ini, kabupaten Lima Puluh Kota benar-benar bangkit. Buktinya, beragam inovasi dan motivasi dilancarkan pemerintah daerah dan pemerintah nagari (Pemnag).

Satu bukti lagi, 2 warga kenagarian Sungai Beringin, kecamatan Payakumbuh, kabupaten Lima Puluh Kota, Alif Rhamadani dan Gafa Aditian, mendapat hadiah istimewa dari Pemerintah Nagari (Pemnag) setempat, kemaren.

Diberinya hadiah oleh Pemnag, karena kedua anak tersebut berprestasi disekolahnya masing-masing dengan mendapat juara I. Alif Rhamadani merupakan pelajar SMKN 3 Payakumbuh dan Gafa Aditian pelajar SMAN 2 Payakumbuh. Mereka mendapat bantuan, merupakan suatu bentuk kepedulian Pemnag kepada siswa berprestasi.

Penghargaan itu, diberikan secara simbolis oleh bupati Limapuluh Irfendi Arbi Kota didampingi Wali Nagari Sungai Beringin, Lukman Hakim Dt Sinaro Nan Babudi kepada Alif Rhamadani dan Gafa Aditian, usai menggelar acara Batagak Penghulu di kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Sungai Beringin, baru-baru ini.

Wali Nagari Sungai Beringin, Lukman Hakim Dt Sinaro Nan Babudi, mengatakan, bantuan dan penghargaan itu sengaja diberikan kepada pelajar yang berhasil merebut juara pertama di kelasnya. Hal ini bertujuan sebagai bentuk motivasi agar anak-anak di nagarinya terus termotivasi merebut gelar juara di sekolah.

Mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini, bisa sedikit membantu siswa. Kita ingin seluruh anak-anak di kenagarian Sungai Beringin ini, bisa berprestasi disekolah, sehingga menjadi anak-anak yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Tahun 2017 ini, ada 13 orang siswa SMA di kenagarian mendapatkan bantuan dari nagari, keseluruh siswa itu, umumnya mendapat juara satu dikelasnya. "Masing-masing siswa mendapatkan bantuan berupa peralatan sekolah, seperti seragam sekolah, sepatu dan tas sekolah. Semua itu berasal dari alokasi dana yang ada di nagari," jelasnya.

Sementara itu, bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengapresiasi apa yang telah dilakukan wali nagari Sungai Beringin dalam memajukan dunia pendidikan. "Hal-hal seperti ini wajib dicontoh nagari lain, saya ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada pemerintah nagari Sungai Beringin, karena ikut berperan aktif dalam memajukan dunia pendidikan Limapuluh Kota,"ujarnya.

Diharapkan bupati, anak-anak yang mendapat penghargaan itu, agar terus memacu prestasinya di sekolah, begitu juga bagi pelajar yang belum berhasil juara di kelas, agar menjadikan hal ini sebagai motifasi diri agar bisa menjadi yang terbaik dikelas kedepan.

"Semoga mereka ini nanti dapat memberi motivasi ke teman-teman yang lain. Saya yakin suatu saat nanti anak-anak di Limapuluh Kota, khususnya di Nagari Sungai Beringin bisa menjadi pemimpin Limapuluh Kota kedepan,"ujarnya.

Sementara itu, pelajar yang mendapat penghargaan itu, kepada wartawan, mangatakan, ucapan terimakasihnya atas pengharagaan yang diberikan kepadanya. "Kita akan terus berusaha mendapatkan prestasi-prestasi disekolah. Tidak hanya disekolah, target kita nanti juga ingin mengharumkan Limapuluh Kota ke provinsi dan nasional keduanya,"ujarnya. (Nura)