BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)-- Kader Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Padangpariaman diminta terus meningkatkan kemampuan dirinya dalam menghadapi tantangan ke depan yang semakin berat. Persaingan global, suka tidak suka, mau tidak mau, semakin mempengaruhi kehidupan masyarakat mendatang. 

Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Padangpariaman Zeki Aliwardana mengungkap hal itu pada halal bi halal keluarga besar Ansor Padangpariaman, Selasa (4/7/2017)  malam  di kawasan Pauhkambar, Kabupaten Padangpariaman. Halal bi halal dihadiri puluhan orang dari pengurus PC, PAC, kader Ansor di Kabupaten Padangpariaman, mantan Ketua PC PMII Kota Pariaman Jupmaidi Ilham, mantan Ketua Senat STIT Syekh Burhanuddin Pariaman M.Danil Kharlis. 
Menurut Zeki Aliwardana,  kegiatan halal bi halal ini Ansor Padangpariaman bertujuan  meningkatkan silaturrahmi sesama kader. Dengan terus terjalinnya silaturrahmi ini dapat mendorong peningkatan kemampuan masing-masing kader. 

“Melalui forum ini kita saling bertukar pikiran dan informasi terkini. Kader-kader yang merasa masih kekurangan kemampuan dalam berkiprah di tengah masyarakat dapat saling berbagi dengan kader yang sudah duluan terjun dalam kehidupan bermasyarakat,” kata Zeki Aliwardana, yang juga mantan Sekretaris PC Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Pariaman ini. 

Menurut Zeki, kader Ansor memang disiapkan untuk berkiprah di tengah masyarakat. Terutama dalam membentengi paham Islam berhaluan Ahlussunnah Waljamaah yang mayoritas dianut oleh masyarakat Kabupaten Padangpariaman. 

“Dengan munculnya berbagai gerakan dan paham agama yang belum tentu sesuai dengan paham Islam berhaluan Ahlussunnah Waljamaah yang mayoritas dianut oleh masyarakat Kabupaten Padangpariaman tersebut, maka kehadiran Ansor sangat dibutuhkan,” kata Zeki menambahkan.  

Dibagian lain Zeki juga menambahkan, untuk memperkuat tradisi paham keagamaan tersebut, dalam bulan ini Ansor Padangpariaman menggelar wisata ziarah ke makam para ulama yang menyebarkan paham Islam berhaluan Ahlussunnah Waljamaah di Minangkabau ini. Ziarah ini penting dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada para ulama pendahulu yang sudah berjasa menyebarkan paham Islam berhaluan Ahlussunnah Waljamaah di Sumatera Barat. 

“Hal ini juga menunjukkan Ansor menjaga tradisi keagamaan yang mayoritas dianut di daerah ini. Untuk itu kami mengajak generasi muda  Padangpariaman yang menjaga tradisi ziarah ini bersama Ansor Padangpariaman mengikuti wisata ziarah ke makam ulama yang dimulai dari makam Syekh Burhanuddin di Ulakan, Padangpariaman,” kata Zeki. (at/amir)

google+

linkedin