TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)--Kepala Dinas Pertanian Kota Pariaman Ir. Agusriatman, MM meninjau pembuatan Embung Air, di Desa Tungkal Utara, Kecamatan Pariaman Utara, Rabu (12/7/2017).

Agustriatman, mengatakan, proyek itu dilaksanakan memakai  dana DAK Tahun 2017. Selain Embung Air di Tungkal Utara, ada bebera kegiatan lain yang didanai dengan DAK, seluruhnya berjumlah 7 titik. 

Pembuatan drainase parit dan pembangunan sumur tanah menggunakan teknologi Sollar Cell di lima lokasi dimana pengerjaan proyek kegiatan tersebut telah mencapai 90% bahkan ada yang sudah selesai.

Terkhusus embung air, tambah Agus, ini merupakan sebuah langkah pengumpulan dari sumber air hujan yang turun di lokasi yang memiliki resapan untuk dialirkan ke lokasi persawahan warga yang mampu mengaliri sampai 20 Ha lahan sawah.

“ Sementara untuk pembuatan sumur tanah dengan sistem Sollar Cell, setiap sumur mampu mengaliri lahan sawah sebanyak 5 Ha,” ucap Agusriatman disela-sela kunjungannya ke lokasi persawahan.

Agusriatman mengatakan, apabila proyek ini selesai finishing 100 %, dalam waktu dekat akan diadakan serah terima aset dari Dinas Pertanian Kota Pariaman kepada Kelompok tani penerima bantuan untuk dipergunakan dalam kebutuhan pengairan irigasi sawah.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Tanaman Pangan Marlina Sepa, menjelaskan proyek pembuatan sumber air dan saluran air sawah ini adalah sebagai upaya untuk mendukung ketahanan pangan di Kota Pariaman.

“ Sehingga tidak ada lagi alasan bagi warga petani untuk tidak dapat air ketika akan memulai musim tanam dengan harapan hasil tani dapat lebih meningkat dalam upaya pemenuhan kebutuhan ekonomi,” tutup Marlina.

Kadis Pertanian dalam monitoring didampingi Kepala Bidang Tanaman Pangan Marlina Sepa dan dua orang staf. Kegiatan tersebut berupa pembuatan embung air di desa Tungkal Utara, [ph/amir]