BIJAK ONLINE (Jakarta)-Gubernur Sumatera Barat, Prof Dr H Irwan Prayitno PSi MSc meneripa penghargaan Democracy Award dari Kantor Berita RMOL, pada acara Malam Budaya bertabur bintang, di Hotel Arya Duta Jakarta, Sabtu 29 Juli 2017. 

"RMOL memberikan empat kategori penghargaan, yakni  Lifetime Achievement Award, Democracy Award, Golden Personality Award, dan Golden Community Award," kata Pemimpin Umum RMOL, Teguh Santosa. 

"Untuk tahun ini, penghargaan Lifetime Achievement,  kami berikan kepada Pak Jaya Suprana dan Ibu Titiek Puspa. Keduanya memang  pantas mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement. Kita belajar banyak dari kedua senior yang konsisten mengupayakan terciptanya budaya unggul manusia Indonesia," ujar Pemimpin Umum RMOL Teguh Santosa.

Sedangkan Penghargaan Democracy Award, diberikan kepada sembilan anak bangsa yang dinilai punya andil dalam demokrasi. Figurnya, Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai, Dirjen Otda Kemendagri, Soemarsono, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, Sekda Pemprov Jawa Barat Iwa Karniwa, Walikota Makassar, Danny Pomanto, dan Pengelola Statuter AJB Bumiputera, Adhie Massardi.

Selain itu, Kantor Berita Politik RMOL dalam kegiatan ini menyerahkan penghargaan kepada sejumlah tokoh nasional dan lokal, aktivis antinarkoba, juga kelompok penemu yang mendedikasikan ilmu untuk kepentingan kaum marjinal.

RMOL juga memberikan penghargaan kepada kelompok peneliti Kampung IT yang dipimpin Tris Prayogo Muslim yang menciptakan sepatu untuk kaum tunanetra.

"Penemuan-penemuan seperti ini perlu mendapatkan perhatian dari kita semua. Media perlu memberikan tempat istimewa agar hal-hal ini memenuhi ruang publik. Ini adalah bukti ketika inovasi dan teknologi bertemu nilai-nilai kemanusiaan," ujar Teguh yang juga Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

Penghargaan serupa juga diberikan kepada Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) yang beberapa waktu lalu melakukan penelitian di situs megalitukum Gunung Padang di Cianjur. Penelitian ini dianggap sebagai penelitian paling populer.

Dalam kesempatan sama, Ketua Panitia Malam Budaya Manusia Bintang 2017, Edi Yoga mengatakan, untuk tahun ini, Kantor Berita Politik RMOL juga memberikan penghargaan 'Golden Personality' kepada individu yang dipandang melakukan pekerjaan besar melewati kapasitas dan ruang tanggung jawab mereka.

Tujuh penerima penghargaan ini adalah pengusaha muda Sukur H Nababan, yang juga anggota DPR RI, sukses membangun kepemimpinan dan kemandirian ekonomi kerakyatan melalui industri Multi Level Marketing (MLM), PT Melia Sehat Sejahtera (MSS). Lalu, Kepala RSPAD, Mayjen TNI Terawan Agus Putranto, Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bandung, Yossi Irianto, dan Tim Penggerak PKK Pesisir Selatan, Sumbar, Lisda Rawdha.

Penghargaan serupa juga diberikan kepada dua aktivis anti narkoba dari Binjai, Sumatera Utara, Wak Ong, dan Lury Elza dari Sumatera Selatan, serta pianis tunanetra Ade Irawan.

"Dengan idiologi "Sukses Bersama" di bisnis MLM, Pak Sukur Nababan mampu mencetak anak-anak bangsa yang memiliki karakter pemimpin tangguh dan mandiri untuk memperjuangkan harkat dan martabat bangsa," ujarnya. (SMSI)