BIJAK ONLINE (LIMA PULUH KOTA)---Nagari Simpang Sugiran, kecamatan Guguak, kabupaten Lima Puluh Kota, terbaik dalam melaksanakan penyusunan dan penyampaian anggaran pendapatan dan belanja nagari 2 tahun berturut 2016 dan 2017 dari pemeriksaan BPKP tahun 2016 dengan indek memuaskan.

Karena itu, nagari tersebut dipilih sebagai tempat musyawarah nagari (Musrenbang) se-Kabupaten Lima Puluh Kota, bertempat di aula TK Pembina, Kamis (27/7). Kegiatan tersebut berupa penyerahan APBN tahun 2016 dan 2017 dan sekaligus pencapaian dana desa/nagari tercepat di kabupaten Lima  Puluh Kota.

Dalam pembukaan Musrenbang itu, bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi, mengatakan, pertambahan alokasi dana nagari mencapai Rp1,5 milyar, bagi masing-masing nagari, jelas akan menjadi tanggungjawab besar bagi nagari untuk merencanakan segala sesuatunya mulai dari perencanaan pembangunan, pelaksanaan, penatausahaan keuangan hingga pertangungjawaban dan pelaporan.

Semua itu, tentu akan menjadi tantangan bagi setiap nagari dan wali nagari untuk dapat menggunakan dana tersebut dengan sebaik-baiknya sesuai kebutuhan masyarakat untuk terwujudnya nagari yang sejahtera dan mandiri.

Penggunaan dana desa/nagari harus berdasarkan hasil Musrenbang desa atau nagari. Usulan pembangunan juga tertuang dalam RPJM dan RKP nagari yang sebelumnya mendapat persetujuan oleh Bamus nagari.

“Musrenbang tersebut menurutnya, menjadi penentu arah pembangunan. Melalui Musrenbang berharap dapat menjawab tantangan dan memanfaatkan peluang dalam perencanaan program pembangunan daerah dengan menggali potensi daerah secara maksimal, “tambah Irfendi Arbi.

Usai pembukaan Musrenbang, bupati juga  MeLauching pelaksanaan dana desa tahun 2017, diantaranya 7 Jaringan Irigasi dan 1 Tabat Beton, Jaringan Irigasi Jalan Syeh Beliau Lokuang (Jorong Lakuang), Jaringan Irigasi Kayu Kolek, Jaringan Irigasi dan Pendaman Jalan Tati (Jorong Lokuang), Jaringan Irigasi Luak Takuang, (Jorong Boncah), Jaringan Irigasi Jln Dt.Singo Dirajo, Jaringan Irigasi Sawah Liat (Jorong Baliak), Jaringan Irigasi Rawang Munggu dan Rabat Beton Jln.H.AR.Dt Malano (Jorong Baliak). 

Sementara itu Wali Nagari Simpang Sugiran Iswaris Chan, mengatakan, dari hasil pertemuan tentang prioritas pembangunan tahun 2018, pembangunan Jorong Boncah, melanjutkan Bandar Luak Takung, Irigasi Bandar Gauang dan Pembuatan Bandar Kiau.

Jorong Lokuang melanjutkan Irigasi Bawah Beringin dan Rabat Beton jalan Usaha Tani dari KAper ke Apar. Dan Jorong Baliak, Irigasi Sugiran, Irigasi Rimbo Tobek, Tali Bandar Ana dan Irigasi RawanMunggu, usulan adanya Taman Bacaan Nagari, ujarnya. (ada)