BIJAK ONLINE (Padang)-Ketua Umum Masyarakat Pancasila Indonesia (MPI) Sumatera Barat, Rosman Muchtar SH telah dijadwalkan untuk bertemu Wakil Walikota Padang, Emzalmi Senin, 10 Juni 2017 dirumah dinasnya. Tujuan pertemuan, selain meningkatkan ukhwah Islamiyah, juga dimanfaatkan untuk membahas program memasyarakatkan Ideologi Negara Pancasila kepada generasi muda Kota Padang.

"Pak Emzalmi kan Ketua Badan Narkoba (BNK) Kota Padang,  jadi bisa bersinergi dengan MPI dalam melakukan pembinaan mental generasi muda, khususnya Kota Padang," kata Rosman Muchtar ketika berbincang-bincang dengan Tabloid Bijak, Jumat, 7 Juli 2017 di Posko BOM.

Menurut Rosman Muchtar, sebenarnya rencana pertemuan dengan Wakil Walikota Emzalmi sudah lama dijadwalkan, tapi karena kesibukan tugas masing, baru, Senen, 10 Juli 2017 ini baru disepakati jadwalnya.

Sebenarnya, kata Rosman, pemerintah Kota Padang secara formal juga berkewajiban mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila tentang Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) di sekolah dan di masyarakat. "Dulu, siswa, mahasiswa, organisasi sosial, dan lembaga-lembaga negara diwajibkan untuk melaksanakan penataran P4," ujarnya.

Waktu itu, tujuan dari penataran P4 antara lain untuk membentuk pemahaman yang sama mengenai demokrasi Pancasila sehingga dengan pemahaman yang sama diharapkan persatuan dan kesatuan nasional akan terbentuk dan terpelihara. "Kami dari MPI berkwajiban mensosialisasikan nilai Pancasila dan menerapkan nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa," kata Rosman lagi. (PRB)