BIJAKONLINE(Solok)-Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, hari Kamis (6/7), menghadiri acara Khatam Al-Qur'an Masjid Nurul Yaqin, Jorong Ujung Ladang Nagari Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak. Selain Bupati Solok, tampak hadir Kepala Dinas Perizinan, Erizal, Kepala Kesbagpol, Junaidi, S.Sos, Kabag Kesra, Nofiarman, S.Sos. MM, Kabag Humas Defi Pribadi, S.Sos, Camat X Koto Singkarak, Drs. Syahrial, MM dan unsur Forkopimcam X Koto Singkarak.
Panitia pelaksana, Ibda Yulius Bgd. Sati, dalam laporannya menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kegiatan ini adalah menciptakan Qori dan Qori'ah yang diperhitungkan di Kabupaten Solok. Khatam Al Qur’an ini merupakan yang ke-3 kali dilaksanakan adan di ikuti oleh 4 surau dengan peserta sebanyak 19 orang dengan rincian 7 orang laki-laki dan 12 orang perempuan.
Sementara Pj.Walinagari Koto Sani, Edi Warni Katik Sutan menyampaikan pesan kepada peserta khatam ini untuk terus menggali ilmunya, mudah-mudahan bisa menjadi hafist Quran. Sementara menyinggung tentang pemilihan Walinagari yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, di Koto Sani mencalon sebanyak 5 orang. “Kepada seluruh masyarakat untuk menciptakan pemilihan yang aman dan tertib, sehingga terciptanya pemilihan yang badunsanak dan mari hargai siapa nanti yang menang,” jelas Edi Warni.
 Bupati Solok, H. Gusmal dalam arahannya berharap agar dengan banyaknya anak-anak yang khatam Al Qur’an, maka diharapkan subuh berjamaah dan maghrib mengaji makin semarak di Kabupaten Solok. “Menamatkan membaca Al Qur’an, bukan berarti kita berhenti membaca Al Qur’an namun seharusnya makin rajin membacanya setiap hari, karena Al qur’an adalah pedoman hidup kita di dunia dan di akherat,” jelas H. Gusmal.
Maghrib mengaji dan subuh berjamaah yang digiatkan Bupati dan Wakil Bupati Solok, tentu diawali dengan sebuah kegiatan rutinitas masyarakat untuk selalu menggiatkan baca tulis Al Qur’an pada generasi muda kita. Peran orang tua dan guru serta niniek mamak juga diminta untuk selalu mengingatkan anak-anak agar terbiasa membaca Al Qur’an. “Dengan Al Qur’an kita dapat menangkal hal hal negatif yang banyak terjadi pada zaman sekarang ini. Kepada orang tua untuk selalu memotivasi anak-anak kita untuk selalu dan terus belajar Al Qur’an . Hal ini sejalan juga dengan program magrib Al Qur’an dan subuh berjemaah yang di galakan di kabupaten Solok,” jelas H. Gusmal.
 Ditambahkan Bupati, membaca Al qur’an bagi kita umat Islam adalah wajib hukumnya, itu dimulai dari sejak usia dini. Wisuda bukan akhir dari sebuah pembelajaran, tetapi adalah langkah awal untuk mengkaji alquran lebih dalam lagi, tidak hanyak membaca tetapi juga memahami isi kandungan dari alquran itu . “Saya berharap surau-surau dan mushala yang ada di nagari agar dapat dihidupkan kembali, dan kita ramaikan secara bersama-sama. Ini seiring dengan program pemerintah yaitu magrib mengaji dan subuh berjamaah,” pungkas H. Gusmal.
Sehubungan pelaksanaan Khatam ini, Bupati berpesan kepada WN, pengurus mesjid dan seluruh masyarakat untuk dapat meningkatkan jumlah khatam pada khatam selanjutnya dan menyemarakkan baca alquran dinagari ini, karena Pemerintahan Kabupaten Solok menginginkan Masyarakat Kabupaten Solok menjadi masyarakat yang Al-Qur'ani. “Pesan saya kepada walinagri nantinya, untuk dapat menggiatkan program magrib Al Qur'an dan subuh berjamaah, kalau bisa dibuatkan Peraturan nagarinya untuk mewajibkan pelaksanaan program ini kepada masyarakat kita,” pungkas H. Gusmal (wandy)


google+

linkedin