BIJAKONLINE(Padang)– Para petani di Kota Padang terus bersyukur dan bergembira. Pasalnya, hal itu seiring cukup intesnya perhatian pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani di daerah tersebut sejauh ini. Tidak hanya melalui pemerintah daerah, upaya itu juga dilakukan dari anggota DPR RI.

Seperti kali ini, sebanyak 25 kelompok tani (Poktan) menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan) melalui program aspirasi Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKS, Hermanto. Dimana penyerahan bantuan yang bersumber dari APBN tersebut, disaksikan Wali Kota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, Kepala Dinas Pertanian Syaiful Bahri beserta jajaran dan perwakilan Poktan penerima bantuan di Kantor Dinas Pertanian, Jumat (7/7).

“Alsintan ini bertujuan, untuk memodernisasi dan mekanisasi sektor pertanian dalam meningkatkan produksi padi sawah khususnya. Kemudian juga sebagai upaya mencapai target swasembada pangan,” terang Hermanto di sela penyerahan alsintan yang diantaranya kendaraan Hand Traktor Yanmar 18 unit, Rice Transplanter atau mesin tanam padi 6 unit dan traktor roda empat 2 unit.

Hermanto mengatakan, adapun penyerahan bantuan alsintan tersebut bukanlah yang pertama kali dilakukannya bagi Poktan di Padang. Dan ia pun mengungkapkan, selaku wakil rakyat di DPR RI akan terus mengupayakan dalam hal ini meningkatan kesejahteraan petani.

“Kita berharap, dengan alsintan ini, di samping memudahkan kerja bagi petani juga akan meningkat produktifitas hasil panen. Mungkin selama ini hanya bisa panen dua kali dalam setahun, semoga dengan ini akan bisa panen dua setengah atau tiga kali dalam setahun,” harapnya seraya memberikan selamat kepada seluruh perwakilan Poktan penerima bantuan.

Wali Kota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Padang mengucapkan terima kasih yang tak terhingga dalam hal ini khususnya kepada bapak Hermanto selaku Anggota DPR RI daerah pemilihan (Dapil) Sumbar I. Menurutnya, kucuran bantuan alsintan tersebut memang sangat diharapkan bagi petani dan juga mendukung Kota Padang yang telah menerapkan konsep pertanian perkotaan.
“Alhamdulillah, bagi petani kita di Padang sejak 2012 lalu sampai saat ini sudah punya sebanyak 195 hand traktor. Semoga dengan semakin banyaknya alsintan yang dimiliki masing-masing Poktan, akan memberikan kemajuan dalam sektor pertanian kita hingga masa-masa yang akan datang,” harapnya.
Sementara itu, kepada petani yang telah menerima bantuan alsintan Mahyeldi juga mengimbau agar senantiasa menggunakan dan merawatnya dengan sebaik-baiknya.

“Mari kita gunakan alsintan ini dengan sebaik-baiknya. Kalau bisa dibuatkan tempat penyimpanannya agar bisa tahan lebih lama,” imbuh Mahyeldi yang juga alumni Fakultas Pertanian Universitas Andalas (Unand) tersebut. (David)

google+

linkedin