TABLOID BIJAK.COM (Padang)---Pimpinan  Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Padang  siap mengembangkan  Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sumatera Barat yang sudah berjalan sejak tahun lalu. Perguruan tinggi ini dapat menampung tamatan SLTA yang berasal dari Kota Padang. Terutama generasi muda  yang ingin mendalami Islam berpahamkan Ahlussunnah Waljamaah.

Demikian diungkapkan Ketua PC Gerakan Pemuda Ansor Kota Padang Tan Gusli, ketika berkunjung ke  UNU Sumatera Barat, Kamis (27/7/2017) di kampus UNU Sumbar Jalan Ikhlas VII Andalas Padang.  Tan Gusli diterima  Rektor UNU, Dr.Ir.H. Rudi Kusuma M.P  didampingi Wakil Rektor  II Nazaruddin dan Wakil Rektor III Arianto, M.Kom

Menurut Tan Gusli, hadirnya UNU Sumbar merupakan jawaban terhadap kebutuhan generasi muda Islam, khususnya yang berpahamkan Islam Ahlussunnah Waljamaah di daerah ini. Ansor Padang merespon baik kehadiran UNU Sumbar. Karena hingga kini belum ada perguruan tinggi yang bernuansa Nahdlatul Ulama di Sumatera Barat.

“Kita berharap UNU Sumbar membumi di Sumatera Barat dan siap melahirkan kader-kader yang mampu menjawab tantangan zaman,” tutur Tan Gusli.

“Kader Ansor Kota Padang siap mensosialisasikan kehadiran UNU Sumbar di tengah masyarakat Kota Padang. Apalagi sekarang dalam masa penerimaan mahasiswa baru di berbagai perguruan tinggi di Padang,” kata Tan Gusli.

Sementara itu, Rektor UNU Sumbar Rudi Kusuma menyebutkan, kedatangan PC Ansor Kota Padang ke UNU merupakan langkah positif dalam pengembangan UNU Sumbar ke depan. Dengan dukungan Ansor Padang ini, akan sangat membantu UNU Sumbar ke depannya.

Dikatakan Rudi, UNU Sumbar hadir untuk umat dalam mencerdaskan umat  dan meningkatkan sumber daya umat dengan  5 fakultas dan 10 program studi diharapkan mampu menjadi pilihan bagi lulusan SLTA untuk kuliah di UNU Sumbar ini.

“Prodi yang ditawarkan masing-masing Ilmu Hukum, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Bahasa Inggris, Ekonomi Islam, Agrobisnis, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Lingkungan, Manajemen Sumber Daya Perairan dan Budi Daya Perairan,” kata Rudi menambahkan.
Untuk itu, kata Rudi, kuliah di UNU Sumbar cukup dengan membayar Rp 1,5 juta sudah dapat kuliah. Sekarang UNU Sumbar bekerjasama dengan Yayasan Tridharma Kosgoro dalam pemakaian fasilitas kampus yang beralamat di jalan Ikhlas VII Andalas Padang.

Wakil Rektor III UNU Sumbar Arianto menambahkan, UNU memberikan kesempatan beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi  dan dari keluarga kurang mampu. Beasiswa berasal dari Yayasan dan Ristek Dikti.

“Sedangkan beasiswa dari  PBNU untuk melanjutkan pendidikan ke pascasarjana dalam dan luar negeri. Penempatan kerja bagi lulusan UNU Sumbar di badan usaha milik NU dan pihak lain yang sudah menjalinkan kerjasama,” tutur Arianto yang juga Sekretaris Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) Sumatera Barat ini mengakhiri. (at/amir)